Kompas.com - 10/07/2021, 15:41 WIB
Ilustrasi rumah, eksterior rumah. SHUTTERSTOCK/KARAMYSHIlustrasi rumah, eksterior rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski tengah menghadapi pandemi Covid-19, harga rumah di Belanda naik drastis hingga mencapai 20 persen lebih tinggi dari harga normal.

Seperti dilansir dari The Business Times, kondisi ini belum pernah terjadi sebelumnya terutama pada kuartal kedua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Asosiasi agen penjual Belanda (NVM) mengatakan lonjakan harga ini terjadi karena suku bunga rendah dan kekurangan stok rumah yang tersedia di pasaran.

Harga jual rata-rata untuk sebuah rumah di Belanda melonjak menjadi 410.000 euro (Rp 7,05 miliar) pada periode April-Juni. Harga ini melewati angka 400.000 euro untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Baca juga: Rumah Dua Lantai di Kemang Bogor, Dibanderol Rp 450 Jutaan

"Situasinya gila", kata direktur NVM, Onno Hoes dalam sebuah pernyataan. “Pemerintah harus segera melakukan intervensi untuk menstabilkan pasar”.

“Pasokan properti yang tersedia berkurang, dan pembeli akan melakukan apa saja untuk mendapatkan properti yang mereka inginkan." tukas Hoes.

Memang harga rumah di Belanda telah meningkat selama lima tahun terakhir.

Ini disebabkan adanya suku bunga rendah, kebijakan pajak yang menguntungkan bagi pemilik rumah serta perbaikan status ekonomi membuat permintaan akan hunian meningkat.

Meskipun pandemi Covid-19 menyebabkan ketidakpastian dalam ekonomi Belanda sepanjang tahun lalu, harga rumah terus naik.

Faktor lain yang mempengaruhi adalah terjadi lockdown. Akibatnya minat terhadap rumah di daerah pedesaan kian meningkat sehingga jumlah properti yang ada pun turun drastis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.