Lewat PP 71/2021, JIIPE Resmi Disahkan Jadi KEK Teknologi dan Manufaktur

Kompas.com - 03/07/2021, 19:00 WIB
Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) di Gresik, Provinsi Jawa Timur, www.akr.co.idKawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) di Gresik, Provinsi Jawa Timur,

JAKARTA, KOMPAS.com - Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) di Gresik, Provinsi Jawa Timur, resmi disahkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik bertemakan Teknologi dan Manufaktur.

Pengesahan ini ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2021 tanggal 28 Juni 2021 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk diketahui, KEK ini dimiliki PT AKR Corporindo Tbk dan PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III.

Menurut Presiden Direktur AKR Corporindo Haryanto Adikoesoemo, penunjukan JIIPE sebagai KEK Gresik menjadikannya sebagai salah satu kawasan industri (KI) paling kompetitif.

"KEK Gresik JIIPE merupakan obyek strategis nasional untuk industri 4.0. Ini menyediakan konektivitas superior dengan transportasi multimoda," ujar Haryanto dikutip dari laman AKR, Sabtu (03/07/2021).

KEK tersebut juga terhubung dengan pelabuhan laut dalam, utilitas lengkap 1 pintu, perizinan lingkungan dengan Analis Dampak Lingkungan (AMDAL) 1 pintu, dan izin konstruksi cepat melalui fasilitas KLIK.

Status KEK ini akan memberikan insentif tambahan kepada investor, di antaranya insentif fiskal meliputi pajak penghasilan dan bea cukai.

Baca juga: Lido dan JIIPE Jadi Kawasan Ekonomi Khusus, Potensial Raup Investasi Ratusan Triliun

Sedangkan nsentif non-fiskal meliputi persetujuan izin dan lisensi satu pintu, kemudahan lalu lintas barang, dan fleksibilitas dalam ketenagakerjaan.

Haryanto mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, serta berbagai pihak yang telah mendukung penetapan KEK Gresik.

KEK Gresik JIIPE merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) pertama di Indonesia yang menggabungkan kawasan industri modern, pelabuhan laut dalam, serta kota mandiri bertaraf internasional.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.