Rusun PON Papua Dibangun, Bakal Digunakan untuk ASN, Santri, dan Jemaat Gereja

Kompas.com - 01/06/2021, 15:00 WIB
Pembangunan rusun untuk PON XX Papua Tahun 2021. Dok. BALAI P2P PAPUA I / BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPRPembangunan rusun untuk PON XX Papua Tahun 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelontorkan anggaran sebesar Rp 330,4 miliar untuk membangun 15 rumah susun (rusun) di Provinsi Papua.

Rusun itu dibangun untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua.

Direktur Rumah Susun Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian PUPR Maryoko Hadi mengatakan hal itu dikutip dari siaran pers, Selasa (1/6/2021).

"Total anggaran pembangunan rusun sebanyak 15 tower itu UNTUK mendukung ajang PON XX di Papua kurang lebih sebesar Rp 330,4 miliar," jelas Maryoko.

Baca juga: Rusun Dua Lantai Ini untuk Santri Ponpes Tebuireng VII

Maryoko melanjutkan, pembangunan rusun ini tidak hanya membantu pelaksanaan PON XX tahun 2021 Papua, tetapi juga penerima manfaat untuk mendapatkan tempat tinggal layak huni di wilayah itu.

Menurut dia, pembangunan rusun tersebut dapat berjalan baik berkat adanya koordinasi antara Kementerian PUPR, pemerintah daerah setempat, serta Panitia Besar (PB) PON Papua sebagai pihak penyelenggara.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maryoko menjelaskan, 15 rusun tersebar di tiga kabupaten/kota dengan masing-masing 5 tower yakni Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, serta Kota Jayapura.

Rusun tersebut juga akan diperuntukkan bagi aparatur sipil negara (ASN), TNI/Polri, pelajar/mahasiswa, santriwan/santriwati, serta jemaat gereja setelah pelaksanaan PON XX Papua tahun 2021 usai digelar.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Papua I Faisal Soedarno mengungkapkan, dia telah menerjunkan petugas dari Satuan Kerja (Satker) Penyediaan Perumahan Provinsi Papua untuk mendukung pembangunan rusun itu.

Pembangunan rusun untuk PON XX Papua Tahun 2021.Dok. BALAI P2P PAPUA I / BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPR Pembangunan rusun untuk PON XX Papua Tahun 2021.
Dalam pelaksanaannya, pihak panitia tentunya membutuhkan sarana akomodasi yang memadai sehingga Kementerian PUPR memberikan bantuan penggunaan sementara rusun yang telah dibangun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X