Pencarian Meningkat, Rumah di Bawah Rp 1 Miliar Paling Diminati

Kompas.com - 07/05/2021, 20:07 WIB
Ilustrasi halaman rumah SHUTTERSTOCKIlustrasi halaman rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencarian properti di portal Rumah.com pada kuartal I-2021 naik sebesar 26 persen dibandingkan kuartal sebelumnya (qtq). Properti dengan di bawah Rp 1 miliar tercatat masih diminati banyak orang. 

"Secara tahunan, pencarian properti juga melonjak sebesar 183 persen," kata Marine Country Manager Rumah.com Marine Novita dalam laporan Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) pada kuartal II-2021, Jumat (07/05/2021)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Naiknya tren pencarian properti ini, erat kaitannya dengan siklus properti tahunan.

Baca juga: Harga Rumah di Jakarta, Yogyakarta, dan Jawa Timur Turun

Kuartal pertama merupakan masa di mana permintaan properti meningkat, setelah kuartal sebelumnya orang lebih memfokuskan pengeluaran untuk kebutuhan belanja konsumtif dan liburan.

Marine menyebut, kisaran harga hunian yang diminati konsumen antara Rp 300 Juta hingga Rp 750 Juta (sekitar 27 persen), sementara jika diakumulasikan, mayoritas pencari menginginkan hunian di bawah Rp 1 miliar (56 persen).

"Para pencari rumah menginginkan lokasi di Jakarta dengan harga maksimal Rp 1 miliar. Sementara untuk rumah tapak di Jakarta, konsumen harus menyediakan dana setidaknya Rp 2,5 miliar,” jelasnya.

Sebagai solusi alternatifnya, Marine menyarankan pencari properti yang mengincar hunian di kawasan Jakarta namun dengan anggaran terbatas bisa melirik apartemen.

Dengan dana Rp 750 jutaan, konsumen masih bisa mendapatkan unit apartemen dengan dua kamar tidur.

Marine menyimpulkan, berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index Kuarta I-2021 terjadi penurunan harga properti. Namun, pasar properti nasional diperkirakan masih akan tetap stabil.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.