Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Rekreasi dan Edukasi Cimory Bakal Hadir di BSD City

Kompas.com - 27/04/2021, 11:42 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sinarmas Land menjalin kerja sama dengan Cimory Group untuk menghadirkan taman bermain dan edukasi berupa peternakan di BSD City.

Business Development Director Sinarmas Land Alim Gunadi mengatakan pengembangan Cimory Dairyland di BSD City menempati lahan seluas 3,5 hektar.

Cimory Dairyland yang mengusung Farm Leisure Park in the City memiliki konsep petting zoo untuk memberikan edukasi tentang hewan dan proses pengolahan susu dari awal hingga dapat dikonsumsi (from farm to table).

Edukasi tersebut termasuk interaksi dengan sejumlah hewan ternak dan peliharaan serta peninjauan proses pengolahan produk-produk susu bagi anak-anak sekolah.

Baca juga: Bayar Utang, Sinarmas Land Lego Dua Properti di London Senilai Rp 1,43 Triliun

Menurut Alim, rekreasi di alam terbuka bersama hewan bagi keluarga kini sudah menjadi kebutuhan. Akan tetapi, hal itu sulit diperoleh warga sekarang ini.

"Dengan kehadiran Cimory Dairyland, keluarga dapat beraktivitas dan belajar bersama tentang beberapa hewan ternak dan pengolahan produk dari hewan yang dapat dimanfaatkan manusia,” kata Alim dalam keterangan tertulis, Senin (26/04/2021).

Sementara itu, Direktur Cimory Group Wenzel Sutantio menambahkan, akan ada berbagai kegiatan interaksi dan edukasi mengenai hewan.

Terdapat educational dairy tour yang mengusung konsep pembelajaran from farm to table mulai dari memelihara sapi, memerah susu sapi, dan mengolahnya menjadi berbagai minuman bergizi siap konsumsi seperti susu segar, susu kedelai, dan yogurt.

Jenis-jenis hewan yang akan dapat dilihat beragam mulai dari hewan eksotis, baik impor maupun hewan lokal, seperti sapi perah, domba, rusa, keledai, kelinci, marmot, berang-berang, monyet, dan unta dari kelompok mamalia.

Ada pula unggas yang menampilkan aneka burung, bebek, burung merak, ayam, emu, dan burung unta.

Dari reptil akan ada berbagai macam kura-kura, iguana, ular, buaya, dan biawak. Hewan lain juga dapat disaksikan pengunjung seperti ikan, bayi hewan, dan binatang impor.

Cimory merupakan singkatan dari Cisarua Mountain Dairy yang didirikan pada tahun 2006 dan awalnya merupakan pabrik pengolahan susu yang bekerja sama dengan peternak sapi perah setempat.

Cimory kemudian berkembang menjadi industri yang memproduksi yogurt drink, yogurt set, susu UHT, coklat, sosis, produk turunan daging, dan lain-lain.

Mereka juga melebarkan sayapnya ke industri pariwisata hingga kini dikenal sebagai salah satu pengelola taman wisata terbesar di Indonesia melalui beberapa destinasi wisata seperti Cimory Mountain View, Cimory Riverside, Cimory on The Valley, Cimory Dairyland Puncak, Cimory Dairyland Prigen, Bavarian Haus, serta Indotofu Haus.

Fase desain Cimory Dairyland akan dimulai pada tahun ini, kemudian dilanjutkan ke tahap konstruksi pada 2022 mendatang.

Setahun berikutnya dijadwalkan beroperasi dan ditargetkan dapat menarik sekitar 1 juta pengunjung per tahun.

Kehadiran fasilitas ini menggenapi fasilitas edutainment lainnya seiring dengan pertambahan populasi di wilayah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com