Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Lebaran Istimewa, Gunakan Wewangian Sesuai Karakter Ruangan

Kompas.com - 25/04/2021, 17:00 WIB
Hilda B Alexander

Editor

Sumber brightness

KOMPAS.com - Apa jadinya jika hari seistimewa Lebaran, rumah Anda berbau?

Bau tidak sedap, memang, bisa dihilangkan dengan menggunakan wewangian. Namun, tidak semua wewangian tepat digunakan di masing-masing ruangan.

Sebagai contoh, wangi cokelat tidak akan digunakan di dalam kamar mandi. Oleh karena itu, agar Lebaran Anda istimewa, pilihan wewangian harus berkaitan dengan karakter ruangan tersebut.

Wewangian bisa menciptakan suasana dalam setiap ruangan. Tidak hanya untuk menghilangkan bau tidak sedap, juga mendukung fungsi ruangan.

Baca juga: Sederet Khasiat Baking Soda, Ternyata Tak Hanya untuk Membuat Kue

Di dapur dan ruang makan, misalnya, Anda tentu ingin selera makan bertambah. Hindari wewangian bunga-bungaan.

Meski harum, wangi ini malah akan merusak aroma hidangan. Alih-alih, gunakan wangi thyme, basil, atau keharuman segar seperti apel, pir, dan mentimun.

Sebaliknya, di ruang tamu dan ruang keluarga, Anda membutuhkan keharuman yang menenangkan. Untuk penggunaan sehari-hari, gunakan wangi bunga.

Sebagai contoh, keharuman bunga mawar bisa Anda pertimbangkan. Namun, jika mengadakan pesta, Anda perlu wewangian yang lebih kuat. Gunakan wewangian seperti berry liar (wild berry) atau buah-buahan lain.

Di kamar mandi, pastikan Anda memilih wewangian yang akan meningkatkan rasa bahwa kamar mandi tersebut bersih. Berbagai jenis keharuman jeruk bisa Anda gunakan.

Baca juga: Cara Mudah Bersihkan Kaca Jendela, Gunakan Tepung Jagung dan Cuka

Sementara, jika kamar mandi berukuran kecil, hindari parfum yang terlalu menyengat karena akan berlebihan bagi kamar mandi tersebut.

Anda juga butuh pendekatan lain di kamar tidur. Jika ingin keharuman yang menenangkan, gunakan wewangian vanila, kayu putih, dan mint.

Sementara, wewangian seperti lavender, melati, dan cendana dikategorikan sebagai aphrodisiac. Anda bisa memilih keharuman sesuai kebutuhkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber brightness
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com