Dengan Travoy Rilex! Anda Bisa Tahu Tempat Mandi Bersih di Rest Area

Kompas.com - 09/04/2021, 20:30 WIB
Travoy Rilex. PT Jasamarga Related BusinessTravoy Rilex.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Related Business (JMRB) dan PT Jawara Bersih Nusantara meresmikan tempat mandi bersih berbasis teknologi terkini “Travoy Rilex!" di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area KM 88 B di Jalan Tol Cipularang, Jumat (09/04/2021).

Direktur Bisnis Komersial JMRB Imad Zaky Mubarak mengatakan, tempat mandi ini terintegrasi dengan aplikasi Jamban.id yang dikembangkan Jawara Bersih Nusantara.

Selain itu, Travoy Rilex! juga terintegrasi dengan Travoy milik Jasa Marga yang dapat mengakomodasi kebutuhan pengguna jalan tol untuk menyegarkan tubuh sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

“Kehadiran Travoy Rilex! berbasis teknologi ini membawa semangat transformasi digital bagi JMRB, khususnya Jasa Marga Group," terang Zaky dikutip dari siaran pers, Jumat (09/04/2021).

Zaky menuturkan, nantinya Travoy Rilex! tidak hanya ditemui di rest area KM 88 B Tol Cipularang saja, melainkan di seluruh rest area yang dikelola oleh JMRB di seluruh Indonesia.

Dia juga menjelaskan, selama ini fasilitas tempat mandi belum tersedia di rest area.

Hal ini disebabkan pemenuhan Standar Pelayanan Minimum (SPM) rest area mengacu pada Peraturan Menteri (Permen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 10/PRT/M/2018 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP).

Baca juga: Sambut Lebaran, 21 Rest Area Tol Trans-Sumatera Siap Beroperasi

Dalam beleid tersebut, fasilitas yang tersedia di rest area hanya mengatur ketersediaan toilet.

Sehingga, kata Zaky, ketersediaan tempat mandi membuka peluang bagi JMRB untuk mengembangkan rest area dari sekadar tempat beristirahat, tapi juga sebagai sentra bisnis, seperti logistik dan destinasi wisata.

Ketentuan ini tercantum dalam PP Nomor 17 Tahun 2021 tentang Perubahan Keempat atas PP Nomor 15 Tentang Jalan Tol yang akan disusul dengan perubahan Peraturan Menteri (Permen) PUPR Nomor 10 Tahun 2018 tentang Rest Area.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X