Pemprov DKI Terima Buku Panduan Sistem Penunjuk Arah Transportasi dari FDTJ dan ITDP

Kompas.com - 31/03/2021, 12:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima buku panduan Ikonografi dan Wayfinding (sistem penunjak arah) tranportasi Jakarta dari Forum Diskusi Transportasi Jakarta (FDTJ) dan Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Indonesia.

"Senang sekali Pemrov DKI Jakarta telah menerimanya buku panduan Ikonografi dan Wayfinding dari FDTJ dan ITDP Indonesia," kata Anies seperti dikutip dalam akun istagramnya, Selasa (30/03/2021).

Anies menjelaskan, sistem penunjuk arah atau wayfinding sangat di butuhkan terutama di ibu kota Jakarta.

Baca juga: Jadi Peluang Investasi, Bagaimana Target Transportasi Jakarta Tahun 2030?

Dengan wayfinding tersebut masyarakat yang datang ke Jakarta akan dimudahkan dalam menggunakan transportasi publik.

"Jakarta adalah kota global maka diperlukan sistem penunjuk arah wayfinding yang berstandar global pula untuk memudahkan tamu-tamu yang datang ke Jakarta baik dari nusantara maupun seluruh dunia," ujarnya.

Pasalnya, untuk menyempurnakan integrasi transportasi publik Jakarta, Jaklingko membutuhkan wayfinding dengan informasi yang lengkap dan mudah dibaca.

"Wayfinding modern dan baru di halte dan trotoar yang telah direvitalisasi di Jakarta adalah hasil rancangan mereka," kata Anies.

Karenanya, Anies mengucapkan terima kasih atas inisiatif anak-anak muda di FDTJ dan ITDP dalam merancang panduan atau standar wayfinding untuk kota Jakarta.

"Kini bagian kami di Pemprov DKI Jakarta untuk membantu mengaplikasikan dan meregulasikannya," imbuh Anies.

"Inilah kota kolaborasi, City 4.0 sebenarnya. Di mana warga ikut mewarnai kota sebagai co-creator dan pemerintah terbuka terhadap input dan berperan sebagai kolaborator," lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.