Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10.051 Bus Listrik Akan Beroperasi di Ibu Kota hingga 2030

Kompas.com - 30/03/2021, 13:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

 JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transjakarta menargetkan 10.050 unit bus listrik akan beroperasi di ibu kota hingga tahun 2030.

"Harapannya sebanyak 10.050 uni bus listrik sudah mengaspal di jalur Transjakarta dan bisa dinikmati secara keseluruhan oleh masyarakat pada tahun 2030 mendatang," kata Dirktur Utama PT Transjakarta Sardjono Johny Tjitrokusumo, Selasa (30/03/2021).

Menurutnya, keberadaan bus listrik ini sebagai langkah untuk mendukung program Kota Jakarta bebas emisi atau dikenal juga dengan program langit biru yang dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca juga: Transjakarta Aktifkan Kembali Rute Ragunan-Blok M via Kemang Raya

Ketika pemerintah mengeluarkan misi Jakarta dengan langit biru, maka Transjakarta akan terus mendukung.

"Proses penggunaan busa listrik ini sendiri kan sudah mulai dilakukan sejak tahun 2019 lalu. Jadi prinsipnya Transjakarta bersama operator siap bekerjasama untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan kami," jelas Johny.

Sebelum resmi dioperasikan, produsen bus listrik tersebut akan melakukan sertifikasi armada terlebih dahulu agar sesuai dengan standar pelayanan minimum (SPM) yang berlaku.

Bus-bus ini akan operasikan secara bertahap. Untuk trahun 2021 ini ditargetkan 100 unit bus yang akan dioperasikan.

"Harapan kami, agar saat ulang tahun DKI Jakarta nanti kita bisa implementasikan minimal 20-30 unit bus listrik per Juni 2021," imbuh Johny.

Ke depan, armada bus dengan bahan bakar solar perlahan akan berganti dengan unit us berbahan energi listrik.

Hal ini sejalan dengan ketentuan usia masa berlaku bus yang diperbolehkan beroperasi di DKI Jakarta dan sekitarnya yakni 10 tahun.

"Jadi tida serta merta semua armada akan langsung kita ganti dengan bus listrik, tapi akan bertransformasi secara pararel beriringan dengan habisnya masa berlaku bus berbahan bakar solar tadi," terang Johny.

Untuk mendukung rencana ini, Transjakarta juga akan menyediakan fasilitas charging station.

Pada tahap awal, fasilitas ini akan berada di dua titik yakni di Kelapa Gading Jakarta Utara dan Pejaten Jakarta Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com