10.051 Bus Listrik Akan Beroperasi di Ibu Kota hingga 2030

Kompas.com - 30/03/2021, 13:00 WIB
Bus Listrik Transjakarta TransjakartaBus Listrik Transjakarta

 JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transjakarta menargetkan 10.050 unit bus listrik akan beroperasi di ibu kota hingga tahun 2030.

"Harapannya sebanyak 10.050 uni bus listrik sudah mengaspal di jalur Transjakarta dan bisa dinikmati secara keseluruhan oleh masyarakat pada tahun 2030 mendatang," kata Dirktur Utama PT Transjakarta Sardjono Johny Tjitrokusumo, Selasa (30/03/2021).

Menurutnya, keberadaan bus listrik ini sebagai langkah untuk mendukung program Kota Jakarta bebas emisi atau dikenal juga dengan program langit biru yang dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca juga: Transjakarta Aktifkan Kembali Rute Ragunan-Blok M via Kemang Raya

Ketika pemerintah mengeluarkan misi Jakarta dengan langit biru, maka Transjakarta akan terus mendukung.

"Proses penggunaan busa listrik ini sendiri kan sudah mulai dilakukan sejak tahun 2019 lalu. Jadi prinsipnya Transjakarta bersama operator siap bekerjasama untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan kami," jelas Johny.

Sebelum resmi dioperasikan, produsen bus listrik tersebut akan melakukan sertifikasi armada terlebih dahulu agar sesuai dengan standar pelayanan minimum (SPM) yang berlaku.

Bus-bus ini akan operasikan secara bertahap. Untuk trahun 2021 ini ditargetkan 100 unit bus yang akan dioperasikan.

"Harapan kami, agar saat ulang tahun DKI Jakarta nanti kita bisa implementasikan minimal 20-30 unit bus listrik per Juni 2021," imbuh Johny.

Ke depan, armada bus dengan bahan bakar solar perlahan akan berganti dengan unit us berbahan energi listrik.

Hal ini sejalan dengan ketentuan usia masa berlaku bus yang diperbolehkan beroperasi di DKI Jakarta dan sekitarnya yakni 10 tahun.

"Jadi tida serta merta semua armada akan langsung kita ganti dengan bus listrik, tapi akan bertransformasi secara pararel beriringan dengan habisnya masa berlaku bus berbahan bakar solar tadi," terang Johny.

Untuk mendukung rencana ini, Transjakarta juga akan menyediakan fasilitas charging station.

Pada tahap awal, fasilitas ini akan berada di dua titik yakni di Kelapa Gading Jakarta Utara dan Pejaten Jakarta Selatan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X