Kompas.com - 18/03/2021, 20:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta kembali melakukan penertiban sekitar 95 bangunan liar di lintas Pasar Senen-Ancol, Kamis (18/03/2021).

Sebelumnya, PT KAI juga melakukan penertiban di sekitar Pasar Gaplok kawasan Pasar Senen Jakarta Pusat pada Rabu (03/03/2021) lalu.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan penertiban dilakukan karena kondisi kanan kiri jalur rel yang digunakan warga masyarakat sekitar untuk membangun bangunan semi permanen tersebut dapat membahayakan operasional perjalanan KA.

"Penertiban kami lakukan terutama untuk menjamin keselamatan dan keamanan baik para pengguna KAI dan juga lingkungan di sekitar jalur KAI," kata Eva dalam keterangannya, Kamis (18/03/2021).

Baca juga: Krakatau Bandar Samudera dan KAI Siapkan Infrastruktur Logistik Terintegrasi

Eva menuturkan selain menertibkan bangunan liar dijalur KA tersebut, PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta juga melakukan penutupan permanen kembali akses liar untuk menuju jalur KA yang dibuat oknum tidak bertanggung jawab.

"Penertiban dan penutupan akses jalan di Lintas Pasar Senen-Ancol ini berjalan dengan lancar dan tertib tanpa adanya perlawanan dari warga karena sebelumnya PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta melakukan pemberitahuan secara persuasif," jelasnya.

Pada saat penertiban ini Daop 1 Jakarta menggunakan rangkaian Kereta Api Luar Biasa (KLB) dengan menarik 20 Gerbong Datar (GD).

Penggunaan GD dalam penertiban ini bertujuan untuk mempercepat proses pembersihan area yang ditertibkan, serta mengangkut benda-benda yang mengganggu di dekat jalur KA.

Dalam penertiban tersebut, secara keseluruhan PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta menurunkan sebanyak 300 personel.

Baca juga: SMI Suntik Pinjaman KAI, Krakatau Steel, dan Garuda Indonesia Rp 15 Triliun

Selain menertibkan, PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta juga menghimbau kepada masyarakat akan perlunya kesadaran dalam mentaati peraturan yang ada, demi keselamatan bersama.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.