Hanya Sepertiga Perusahaan Punya Ruang Kerja Modern dan Teknologi Mutakhir

Kompas.com - 18/03/2021, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - JLL melaporkan, hanya sepertiga perusahaan di Kawasan Asia Pasifik yang menerapkan ruang kerja modern dan teknologi mutakhir bagi karyawannya.

Laporan itu merupakan hasil survei Human Performance Indicator (HPI) JLL tentang bagaimana berbagai aspek di tempat kerja seperti ruangan, teknologi dan budaya berkontribusi dalam meningkatkan kinerja karyawan.

"Dalam riset tersebut, kami menemukan bahwa hanya sepertiga perusahaan di kawasan Asia Pasifik yang menyediakan lingkungan yang mendukung karyawan untuk bekerja lebih baik," kata Head of Corporate Solutions Research JLL Asia Pacific James Taylor dalam keterangan tertulis, Kamis (18/03/2021).

James menjelaskan, peningkatan akses, baik ke tempat kerja maupun teknologi yang canggih merupakan salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

Baca juga: 7 dari 10 Karyawan Produktif Bekerja Fleksibel dari Rumah

Survei tersebut juga menemukan bahwa semakin beragam dan inovatif ruang kerja serta teknologi yang disediakan, maka semakin tinggi pula kepuasan karyawan terhadap tempat bekerja.

Ke depan, perusahaan harus menyediakan ruang kerja modern. Tak hanya ruang kerja yang membosankan, tetapi perusahaan dituntut untuk menyediakan ruang lain seperti teras ruangan, ruang permainan, kedai kopi dan yang lainnya.

"Ruang kerja yang dapat berkembang sebagai social hub adalah kunci keberhasilan tempat kerja masa depan," imbuh James.

James menilai keberadaan ruang sosial dalam sebuah perusahaan dapat menciptakan ikatan sosial yang lebih kuat di antara pekerja, yang berpengaruh positif terhadap kinerja kolektif mereka.

Baca juga: Ini Lima Perkantoran Termahal di Jakarta

Sebaliknya bekerja sendirian justru akan membuat orang merasa terkucil, terlebih dengan teknologi yang tidak memadai tentu saja akan menutup kontak atau interaksi antar pekerja.

"Karenanya kebutuhan akan komunitas yang utuh inilah yang membuat lingkungan perkantoran menjadi berbeda," tutur dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.