Kompas.com - 18/03/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi perkantoran. interiordesign.netIlustrasi perkantoran.

JAKARTA, KOMPAS.com - Survei Human Performance Indicator (HPI) melaporkan, berbagai aspek di tempat kerja seperti ruangan, teknologi tinggi yang digunakan, dan budaya kerja, berkontribusi dalam meningkatkan kinerja karyawan.

Terutama akses terhadap teknologi mutakhir disebut sangat berpengaruh besar terhadap mutu dan kualitas kinerja pegawai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Head of Corporate Solutions Research JLL Asia Pacific James Taylor mengatakan, survei ini melibatkan 1.500 karyawan di lima negara di kawasan Asia Pasifik.

"Kami menemukan adanya peningkatan kualitas dan produktivitas para pekerja yang disebabkan oleh akses teknologi tinggi dan ruang kerja modern di perusahannya. Mereka umumnya menggunakan model kerja hybrid," kata James dalam keterangannya, Kamis (18/03/2021).

Baca juga: Tren WFH Bikin Perusahaan Pangkas Sewa Kantor 30 Persen

James juga menjelaskan bahwa sebanyak 7 dari 10 pekerja berkinerja tinggi menjalani pekerjaan secara fleksibel, termasuk jam kerja yang fleksibel dan bekerja dari rumah.

Sementara itu, hanya 34 persen dari para pekerja berkinerja rendah melakukan hal yang sama.

"Para pekerja berkinerja rendah adalah mereka yang merasa tidak memiliki akses ke lingkungan kerja kolaboratif, teknologi canggih, atau budaya inklusif," jelasnya.

Karyawan di bidang teknologi sebanyak 53 persen dan pekerja profesional muda berusia 25 hingga 34 tahun dengan angka 37 persen merupakan mayoritas dari pekerja berkinerja tinggi.

Meski karyawan berkinerja tinggi mendominasi pekerjaan yang dijalankan secara fleksibel, mereka juga merasa bahwa kantor merupakan faktor yang penting sebagai pendukung kinerja.

Setidaknya 8 dari 10 pekerja mengatakan bahwa mereka merindukan kerja dari kantor selama lockdown, karena hal tersebut memungkinkan mereka mengakses berbagai ruang dan teknologi untuk produktivitas dan kolaborasi.

Baca juga: Banting Harga Ruang Kantor, Pemilik Kesulitan Bayar Service Charge

“Ekspektasi bekerja saat ini telah berubah karena pandemi. Bekerja bukan lagi mengenai ke mana Anda pergi, tetapi apa yang Anda lakukan," imbush James.

Hal ini memperjelas bahwa sebuah organisasi perusahaan harus menemukan cara yang memungkinkan karyawan melakukan pekerjaan secara efektif dan memaksimalkan kinerja mereka untuk kesuksesan bisnis.

James menyebut hasil survei itu menyimpulkan bahwa keberadaan ruang kantor secara fisik masih sangat dibutuhkan. Namun, bedanya saat ini karyawan membutuhkan ruang kerja yang juga dilengkapi dengan teknologi modern.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.