Wali Kota Medan Bobby Nasution Akan Normalisasi Sungai, Siapkan Relokasi

Kompas.com - 18/03/2021, 13:00 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Medan mengandeng Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera 2 dalam mengatasi banjir di Kota Medan, Sumatera Utara.

Kolaborasi ini disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution saat memimpin rapat koordinasi membahas pelaksanaan pekerjaan pengendalian daya rusak Sungai Deli yang dihadiri Kepala BWS Sumatera 2, Maman Noprayamin.

Maman memetakan sungai yang berpotensi menyebabkan banjir akibat luapan Sungai Percut, Sungai Kera, Sungai Deli, Sungai Sikambing, Sungai Putih, Sungai Babura, Sungai Bekala, Sungai Bedera dan Sungai Belawan.

Luapan terjadi karena pertumbuhan penduduk yang membuat resapan air semakin berkurang sehingga seluruh air masuk ke sungai dan debit air meningkat.

Baca juga: Bobby Nasution Akan Revitalisasi Supermarket Tertua Berusia 105 Tahun

Selain itu, alur drainase yang mengalirkan debit air semakin mengecil sebab permukiman warga dan kurangnya kesadaran masyarakat yang masih membuang sampah ke sungai.

"Faktor-faktor inilah yang menyebabkan banjir di Kota Medan," kata Maman dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (18/3/2021).

Pihaknya mengaku sudah memiliki program penanganan banjir seperti meningkatkan kapasitas Sungai Belawan mulai dari muara sampai pertemuan Sungai Bras sepanjang 37.5 kilometer dan anak sungainya.

Peningkatan kapasitas Sungai Badera mulai dari pintu tol Helvetia sampai Jalan Gatot Subroto sepanjang 3,5 kilometer.

Juga peningkatan kembali kapasitas Sungai Putih, Sungai Sikambing, Sungai Deli hulu mulai dari pertemuan Sungai Babura sampai Titi Kuning sepanjang 7,5 kilometer.

"Kami tidak bisa bekerja sendiri, perlu dukungan dari Pemkot Medan," ucap Maman.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.