ITDC-MPRD Siap Bangun Tahap I Destinasi Wisata Prioritas Likupang Rp 2,22 Triliun

Kompas.com - 08/03/2021, 12:00 WIB
Penandatanganan kerangka kerja sama KEK Likupang yang dilakukan oleh Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo dan Project Head PT MPRD Ratna Paquita Widjaja dan disaksikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, serta Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. Dok. PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC)Penandatanganan kerangka kerja sama KEK Likupang yang dilakukan oleh Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo dan Project Head PT MPRD Ratna Paquita Widjaja dan disaksikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, serta Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahap awal pengembangan infrastruktur Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang menjadi Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) siap dibangun dengan estimasi anggaran sebesar Rp 2,22 triliun.

Anggaran tersebut sebagian besar berasal dari pengajuan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2021 senilai Rp 1,023 triliun.

Pada tahap awal ini, KEK Likupang akan dikembangkan infrastruktur dasar dan penunjang kawasan, atraksi, Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE), serta hotel dengan target penyelesaian pada akhir tahun 2022.

Pengembangan tahap awal ini dilakukan menyusul penandatanganan kerangka kerja sama atau term sheet pembentukan badan usaha pengembangan dan pengelolaan (BUPP) KEK Likupang, Sabtu (6/3/2021).

BUPP Likupang ini terdiri dari PT PT Pengembangan Pariwisata (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama PT Minahasa Permai Resort Development (MPRD).

BUPP KEK Likupang nantinya akan akan menjalankan tugas berupa pengembangan dan pengelolaan KEK termasuk penyediaan infrastruktur dasar kawasan.

Jangka waktu berlakunya kerangka kerja sama ini selama 2 tahun sejak tanggal penandatanganan dilakukan.

Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk pengembangan KEK Likupang.

Baca juga: Demi Destinasi Wisata Super Prioritas Manado-Bitung-Likupang, Infrastruktur Dikebut

"Dengan pengalaman mengelola The Nusa Dua selama 47 tahun dan The Mandalika, kami optimistis dapat membantu pengembangan KEK Likupang menjadi destinasi pariwisata unggulan baru berkelas internasional di Indonesia," ucap Arie dikutip dari keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Senin (8/3/2021).

Arie menambahkan, kerja sama ini juga memperluas portofolio pengembangan bisnis destinasi pariwisata yang dikelola oleh ITDC.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X