Dukung KSPN Mandalika, 915 Rumah Rp 62,22 Miliar Telah Dibangun

Kompas.com - 06/03/2021, 14:01 WIB
Salah satu unit rumah di KSPN Mandalika, NTB. Dok. BALAI PELAKSANA PENYEDIAAN PERUMAHAN (P2P) WILAYAH NUSA TENGGARA I/ BAGIAN HOKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPRSalah satu unit rumah di KSPN Mandalika, NTB.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membangun 915 unit rumah melalui Program Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) senilai Rp 62,22 miliar di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Program Sarhunta ini bertujuan untuk mendukung pemulihan pariwisata sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lebih dari itu, Sarhunta juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas rumah masyarakat di sekitar KSPN Mandalika.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengungkapkan, Kementerian PUPR juga akan terus mendukung pemerintah daerah (pemda) dalam mendorong pemulihan perekonomian nasional dari berbagai sektor, termasuk pariwisata.

Baca juga: Mengintip MNC Lido City, Proyek Hary Tanoe yang Disahkan Jadi KEK Bertaraf Internasional

“Rumah-rumah penduduk yang berada di dalam kawasan dan koridor masuk kawasan wisata kami bedah sehingga kualitas hunian masyarakat bisa lebih layak huni,” kata Khalawi, dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (5/3/2021).

Berdasarkan data Kementerian PUPR, sebanyak 915 unit rumah dibangun di dua kawasan, yakni Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Utara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rinciannya, 817 unit di Kabupaten Lombok Tengah yang 517 unitnya dibangun di sepanjang koridor masuk KSPN Mandalika.

Lalu, 300 unit digunakan untuk rumah singgah atau homestay serta usaha lainnya yang mendukung sektor pariwisata. Sementara itu, 98 unit lainnya dibangun di Kabupaten Lombok Utara. 

Selain itu, rumah singgah yang ada juga dapat dijadikan sebagai alternatif akomodasi yang terjangkau bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke lokasi wisata tersebut.

"Program Sarhunta diharapkan juga dapat memenuhi kebutuhan tempat penginapan bagi wisatawan yang diperkirakan melonjak, terutama saat gelaran Moto Grand Prix (GP) tahun 2021 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika," ucap Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Wilayah Nusa Tenggara I Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Rini Dyah Mawarty.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X