20 Rumah di Gorontalo Jadi Obyek Wisata

Kompas.com - 01/03/2021, 10:00 WIB
Mural di Kelurahan Dembe 1, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Provinsi Gotontalo menjadi tempat wisata karena konsep muralnya dengan dicat warna-warni tiga dimensi.
Dok, Kementerian PUPR.Mural di Kelurahan Dembe 1, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Provinsi Gotontalo menjadi tempat wisata karena konsep muralnya dengan dicat warna-warni tiga dimensi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam mewujudkan rumah layak huni bagi masyarakat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan menggulirkan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah.

Melalui program ini, 20 rumah di Kelurahan Dembe 1, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, ini diubah menjadi layak huni.

Tak hanya itu, rumah di kawasan tersebut dipercantik dengan konsep mural sekaligus cat tiga dimensi oleh penerima bantuan.

Alhasil, 20 rumah di Kelurahan Dembe 1 menarik perhatian pengunjung untuk mengambil dokumentasi foto maupun video dan mendadak jadi obyek wisata, salah satunya rumah Suwarni Pakili.

Rumah Suwarni dihiasi dengan berbagai lukisan seperti tenggelamnya kapal Titanic pada dinding luar.

Dia mengaku sangat senang bisa mendapatkan bantuan bedah rumah ini, meski dana yang diterima tidak terlalu besar.

Menurut Suwarni, hal itu cukup memacu semangat dirinya bersama keluarga dan masyarakat sekitar untuk mengubah rumahnya menjadi lebih layak huni.

Baca juga: Bedah Rumah di KSPN Borobudur, Pemerintah Kucurkan Rp 55,6 Miliar

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri PUPR, Dirjen Perumahan, dan semua pihak yang telah membantu perbaiki rumah ini," ucap Suwarni dikutip dari keterangan tertulisnya, Senin (1/3/2021).

Suwarni meminta agar program bedah rumah bisa dilanjutkan karena masih banyak rumah tidak layak huni dan bisa dibantu melalui program tersebut.

Mural di Kelurahan Dembe 1, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Provinsi Gotontalo menjadi tempat wisata karena konsep muralnya dengan dicat warna-warni tiga dimensi.
Dok. Kementerian PUPR. Mural di Kelurahan Dembe 1, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Provinsi Gotontalo menjadi tempat wisata karena konsep muralnya dengan dicat warna-warni tiga dimensi.
Rumah Suwarni yang sebelumnya rusak dan tidak layak huni kini telah diperbaiki oleh Kementerian PUPR melalui Program BSPS pada tahun 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X