131 Mobil Tangki Layani 600 SPBU, Ini yang Dilakukan Pertamina Agar "Zero Accident"

Kompas.com - 25/02/2021, 15:34 WIB
Unit Manager Communication Relation and CSR Pertamina Regional Sumbagut Taufikurachman mengatakan, pihaknya menjadikan budaya K3 sebagai prinsip fundamental. Dalam bekerja, mereka selalu mengutamakan HSSE, menguasai diri dan lingkungan kerja sehingga kecelakaan kerja dapat dicegah, Kamis (25/2/2021) KOMPAS.COM/MEI LEANDHA ROSYANTIUnit Manager Communication Relation and CSR Pertamina Regional Sumbagut Taufikurachman mengatakan, pihaknya menjadikan budaya K3 sebagai prinsip fundamental. Dalam bekerja, mereka selalu mengutamakan HSSE, menguasai diri dan lingkungan kerja sehingga kecelakaan kerja dapat dicegah, Kamis (25/2/2021)

MEDAN, KOMPAS.com - Komitmen PT Pertamina (Persero) dalam menyediakan dan mengembangkan energi baru untuk mendukung terciptanya kemandirian energi nasional sejalan dengan komitmen proses bisnis secara aman, sehat dan berwawasan lingkungan. 

Unit Manager Communication Relation and CSR Pertamina Regional Sumatera bagian Utara (Sumbagu) Taufikurachman mengatakan, perusahaan senantiasa menjadikan budaya Keselamatan, Kesehatan dan Kerja (K3) sebagai prinsip fundamental.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam bekerja, Perusahaan selalu mengutamakan Health, Safety, Security dan Environment (HSSE), menguasai diri dan lingkungan kerja sehingga kecelakaan kerja dapat dicegah.

"Zero accident, itu target kami,” kata Taufikurachman dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (25/2/2021). 

Baca juga: Pelindo 1 Lepas Kapal Terakhir 2020, Sambut Kapal Perdana 2021

Asisten Manager HSE Operation Achmad Surya Karbala menambahkan, ketika terjadi insiden, Pertamina selalu melakukan investigasi secara struktural hingga ke tahap rekomendasi perbaikan.

Dia tidak memungkiri beberapa insiden pernah terjadi namun pihaknya memiliki sistem bernama insiden investigasi. 

"Setelah mendapat hasil investigasi, kami akan memberikan rekomendasi perbaikan, salah satunya terhadap peraturan yang senantiasa berkembang setiap saat,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga menerapkan HSSE Golden Rule. Seluruh pekerja dengan program patuh yaitu pelaporan terhadap beberapa kondisi dan perilaku tidak aman.

Para pekerja dapat melaporkan sedini mungkin kondisi tidak aman tersebut sehingga segera dapat dilakukan pencegahan sekaligus perbaikan.

“Kami sudah memiliki teknologi informasi untuk semua pihak-pihak Pertamina baik itu pekerja, awak mobil tangki dan lain-lain. Sudah bisa melaporkan apapun temuan, kondisi tidak aman maupun perilaku tidak aman,” kata Achmad.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.