Madiun Bangun Replika Merlion, Big Ben dan Ka'bah untuk Memicu Ekonomi

Kompas.com - 10/02/2021, 15:00 WIB
Rendering Taman Wisata Tematik Sumber Umis, Kota Madiun, Jawa Timur. YoutubeRendering Taman Wisata Tematik Sumber Umis, Kota Madiun, Jawa Timur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun menjelaskan, pembangunan sejumlah patung dan landmark negara lain merupakan bagian dari konsep Penataan Kawasan Sumber Umis, Kota Madiun, Jawa Timur.

Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika Kota Madiun Subakri mengatakan tujuan dibangunnya sejumlah replika ikon kota-kota dunia itu merupakan upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Madiun.

Terlebih, banyak unit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saat ini yang terdampak pandemi Covid-19.

"Tujuan kami itu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Madiun khususnya untuk menghidupkan UMKM di tengah pandemi Covid 19," kata Subakri dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (10/02/2201).

Baca juga: Ada Merlion, Kabah dan Big Ben di Madiun, Pengamat Anggap Pemda Malas Mikir

Selain itu, Subakri menjelaskan, Pemkot Madiun juga ingin memiliki sesuatu yang berskala internasional.

Salah satunya membangun replika ikon atau landmark negara lain di pusat kota Madiun.

Pemkot meyakini jika terdapat sesuatu yang berskala internasional di Kota Madiun, dan kemudian menjadi daya tarik, maka otomatis dapat mendongkrak produk lokal lainnya.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya orang yang datang dan berkunjung ke Kawasan Sumber Umis.

Mereka berswafoto di Patung Merlion yang telah dibangun dan diresmikan sebelumnya pada 30 Desember 2020 lalu.

"Saat ada yang berskala dunia, selain untuk keindahan juga untuk mendongkrak produk lokal. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang berswafoto di Patung Merlion," jelasnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X