Indonesia, Negara Ketiga di Luar Eropa Punya Fasilitas Cetak Luminer 3D

Kompas.com - 20/01/2021, 15:00 WIB
Signify, produsen pencahayaan luminer 3D tawarkan produk rendah karbon dan berkelanjutan SignifySignify, produsen pencahayaan luminer 3D tawarkan produk rendah karbon dan berkelanjutan

JAKARTA, KOMPAS.com -  Signify secara resmi memperkenalkan fasilitas layanan pencahayaan pencetakan 3D untuk luminer di Indonesia.

Layanan ini memungkinkan konsumen menyesuaikan dan memesan luminer untuk dicetak secara 3D dari bahan yang dapat didaur ulang.

Country Leader Signify Indonesia Rami Hajjar mengatakan Indonesia merupakan negara ketiga di luar Eropa, setelah Amerika Serikat dan India, yang membuka layanan ini.

“Sebagai perusahaan dengan keberadaan yang kuat di Indonesia, kami ingin terus melayani pelanggan kami dengan inovasi terkini,” kata Rami Hajjar dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (20/01/2021).

Rami menambahkan, mendirikan fasilitas cetak 3D di Indonesia adalah bagian dari hal tersebut, sekaligus menunjukkan komitmen untuk mendukung ekonomi sirkular demi keberlanjutan yang lebih baik.

Baca juga: Di Balik Gemerlap Jembatan Holtekamp, Ada Sistem Pencahayaan Pintar

Rami menjelaskan produksi luminer cetak 3D memiliki jejak karbon 47 persen lebih rendah dibandingkan luminer logam yang diproduksi secara konvensional.

Fasilitas cetak 3D di Indonesia adalah bagian dari hal upaya, sekaligus menunjukkan komitmen untuk mendukung ekonomi sirkular demi keberlanjutan yang lebih baik.Signify Fasilitas cetak 3D di Indonesia adalah bagian dari hal upaya, sekaligus menunjukkan komitmen untuk mendukung ekonomi sirkular demi keberlanjutan yang lebih baik.
Signify diklaim telah menyempurnakan bentuk manufaktur yang sangat fleksibel dan lebih berkelanjutan dengan menggunakan bahan polikarbonat yang 100 persen dapat didaur ulang.

Dengan demikian, memungkinkan luminer didesain secara khusus atau disesuaikan tepat dengan kebutuhan pelanggan dan didaur ulang di akhir masa pakainya.

“Di Signify, kami menerapkan prinsip ekonomi sirkular, yang menekankan daur ulang, untuk membuat model bisnis kami lebih berkelanjutan," ucap Rami.

Baca juga: Rami Hajjar, Menabur Terang Menuai Masa Depan

Mesin cetak 3D luminer ini memungkinkan Perusahaan menggunakan kembali bahan dasar sepenuhnya, meninggalkan sangat sedikit limbah dan menciptakan siklus hidup produk yang sepenuhnya ramah lingkungan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X