Catat, 8 Bank Tambahan Penyalur Dana FLPP Tahun 2021

Kompas.com - 20/01/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi rumah. Dok. Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).Ilustrasi rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak delapan Bank Pembangunan Daerah (BPD) tambahan menjadi penyalur dana bantuan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) Tahun 2021.

Kedelapan BPD tersebut di antaranya BPD Sulselbar, Bank Sulselbar Syariah, BPD Papua, BPD Jateng, Bank Jateng Syariah, BPD Sulteng, BPD Kaltara, serta BPD Kalteng.

Delapan BPD tersebut telah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) gelombang kedua dengan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara virtual, Selasa (19/1/2021).

Perlu diketahui, PPDPP Kementerian PUPR mendapatkan target penyaluran FLPP tahun 2021 sebesar Rp 19,1 triliun untuk membiayai sebanyak 157.000 unit rumah.

Baca juga: Pencairan Dana Tabungan Perumahan Langsung Ditransfer ke Rekening PNS Pensiun

Direktur Utama PPDPP Kementerian PUPR Arief Sabaruddin menyampaikan, target pembangunan rumah tersebut bukan berarti hanya mengejar kuantitas, tetapi kualitas bangunan perlu diperhitungkan.

"Pemerintah semakin perhatian terhadap kualitas bangunan dan hal ini wajib dikawal oleh perbankan," tutur Arief dalam siaran pers, Rabu (20/1/2021).

Oleh karena itu, bank penyalur harus memastikan kualitas bangunan perumahan terjaga sebagaimana tertera dalam Peraturan Menteri (Permen) PUPR.

Melihat fenomena bencana yang terjadi pada rumah subsidi, artinya terdapat informasi yang tidak sampai ke Pemerintah Daerah (Pemda) selaku pemberi izin bangunan.

Menurut Arief, lingkungan perumahan yang berada di atas lahan berkontur, tidak diizinkan untuk dibangun.

Dalam hal ini, bank penyalur sangat berperan untuk memastikan pemantauan di lingkungan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X