BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

Kota Mandiri, Lokasi Ideal untuk Tempat Tinggal

Kompas.com - 04/12/2020, 12:13 WIB
Ilustrasi kota mandiri. Ilustrasi kota mandiri.
|

KOMPAS.com – Bagi sebagian orang, istilah kota mandiri mungkin masih terdengar asing. Padahal, di Indonesia, kehadiran kawasan ini terbilang tidak sedikit.

Kota mandiri merujuk pada kota baru yang merupakan hasil dari pembangunan dan pengembangan suatu kawasan greenfield menjadi beberapa peruntukan, seperti hunian, perkantoran, pusat bisnis, hiburan, dan fasilitas umum yang semuanya terintegrasi dengan baik.

Kehadiran kawasan tersebut menjadi solusi atas permasalahan kepadatan yang terjadi di kota-kota metropolitan. Sebab, kota mandiri biasanya dibangun di sekitar kota utama.

Selain itu, berdasarkan temuan tim ahli geografi perkotaan McGill University di Montreal, pembangunan kota mandiri di suatu negara menjadi bagian dari program pembangunan industri dan infrastruktur nasional.

Langkah tersebut dinilai efektif menumbuhkan perekonomian karena mampu menarik investor, menciptakan lapangan pekerjaan, serta merangsang tumbuhnya industri baru yang dapat mendiversifikasi ekonomi, sebagaimana diberitakan Devex, Rabu (19/10/2016).

Tinggal di kota mandiri

Tinggal di kota mandiri memiliki kenyamanan tersendiri. Kota mandiri punya fasilitas memadai. Bahkan, akses dari satu titik ke titik lain terbilang dekat dan bisa ditempuh dengan waktu singkat. Ini mengingat kota mandiri umumnya hanya memiliki luas ribuan hektare.

Diberitakan Kompas.com, Senin (26/10/2009), sebuah kawasan baru bisa disebut sebagai kota mandiri bila memenuhi beberapa kriteria. Salah satunya, memiliki luas paling tidak 1.000 hektare.

Dari segi akses, kota mandiri sudah didukung sarana dan prasarana transportasi sehingga memudahkan bila ada urusan ke pusat kota.

Contohnya, kota mandiri di kawasan Jabodetabek telah disokong moda transportasi massal, seperti light rail transit (LRT), Transjakarta, dan KRL Commuter Line. Wilayah ini juga sudah dilengkapi akses jalan tol.

Tak hanya kelengkapan fasilitas dan kemudahan akses, hal paling menarik tinggal di kota mandiri adalah harga huniannya yang cenderung lebih murah dibandingkan di pusat kota. Ini dikarenakan harga lahan yang juga terbilang rendah dan ketersediaannya masih banyak.

Semua hal itu bisa ditemukan pada Bumi Serpong Damai (BSD) City, salah satu kota mandiri yang berlokasi di wilayah Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

BSD City

Jauh sebelum menjadi sebuah kota mandiri dengan segala fasilitas memadai, BSD City merupakan kawasan hutan karet tak terawat yang jauh dari permukiman. Jalanannya masih berupa tanah sehingga sering becek ketika hujan dan sangat berdebu saat musim kemarau. Pun, tak ada penerangan kala itu.

Pada 1986, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Jawa Barat Dr Ateng Syafrudin menyatakan, Serpong akan dikembangkan menjadi kawasan permukiman dan kota baru untuk menyangga beban Jakarta yang makin padat.

Kawasan BSD City, Sinar Mas Land Kawasan BSD City, Sinar Mas Land

Atas rujukan itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat membentuk asosiasi yang terdiri dari sebelas perusahaan pengembang dengan menunjuk Menteri Negara Urusan Perumahan Rakyat sebagai ketuanya, seperti dimuat dalam konten Interaktif Kompas.id yang bertajuk “Serpong, Kota Baru yang Gemerlap dan Memikat”.

Adapun salah satu dari sebelas pengembang tersebut, yakni Sinar Mas Land. Berkat campur tangan developer tersebut, kini Serpong tertata apik berubah menjadi kota mandiri nan modern.

Sinar Mas Land sendiri merupakan salah satu pengembang properti yang telah diakui kredibilitasnya. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah penghargaan yang diraih, mulai dari dalam negeri hingga internasional.

Sebut saja FIABCI Golden Award di Andora (2017), MIPIM di Hong Kong (2017), MIPIM Award di Prancis (2018), dan Asia Pacific Property Awards 2018 di Thailand (2018). Terbaru, Sinar Mas Land dinobatkan sebagai Best Developer dari Indonesia Property Award 2020.

Caelus-Greenwich Park memenangi ?Best High End Housing Development? di Indonesia Property Awards 2020. Caelus-Greenwich Park memenangi ?Best High End Housing Development? di Indonesia Property Awards 2020.

Sebagai kota mandiri, BSD City punya sederet fasilitas memadai. Contohnya rumah sakit, sekolah dasar hingga menengah, universitas, pusat perbelanjaan, taman kota, pasar modern, exhibition center, dan taman rekreasi.

Selain itu, akses masuk dan keluar BSD City terbilang mudah karena sudah didukung sarana dan prasarana memadai. Sebut saja jalan Tol Jakarta – Tangerang dan Jalan Tol Ulujami – Serpong yang terhubung dengan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR), serta Jalan Tol Kunciran Serpong.

Terbaru, Sinar Mas Land menargetkan Jalan Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) Seksi 1A beroperasi pada akhir 2021.

Kemudian, fasilitas juga dilengkapi dengan ketersediaan transportasi umum, seperti KRL Commuter Line, Transjakarta, JR Connexion, JA Connexion, dan angkutan kota (angkot).

Pilihan hunian di BSD City

Bagi yang tertarik memiliki hunian di BSD City, Sinar Mas Land punya beberapa rekomendasi. Pertama, kompleks hunian premium Greenwich Park. Ada delapan klaster perumahan yang bisa dipilih di sini. Selain itu, tersedia juga tiga club house dengan konsep resort bintang lima.

Kedua, Vanya Park. Bagi yang mendambakan hunian bernuansa alam, kompleks hunian ini adalah jawabannya. Sebab, di dalamnya terdapat danau alami seluas tujuh hektare lengkap dengan taman unik berjumlah sama.

Ketiga, The Savia. Di balik konsepnya yang modern, kawasan perumahan ini memiliki suasana asri. Di salah satu klasternya juga terdapat sungai yang menambah kesan natural.

Sementara itu, bagi yang menyukai kepraktisan dan ingin tinggal di hunian vertikal, Casa de Parco dan Akasa Pure Living bisa jadi pilihan. Keduanya merupakan kompleks apartemen berkonsep modern, tapi tak meninggalkan kesan alami.

Menjelang akhir tahun ini, Sinar Mas Land tengah menggelar Move in Quickly, program keringanan harga untuk pembelian seluruh produk propertinya, baik itu yang ready stock maupun under construction.

Program yang tengah memasuki periode tiga tersebut masih berlangsung hingga 31 Desember 2020 dan berlaku untuk semua metode pembayaran, yakni tunai maupun kredit.

Adapun keuntungan yang ditawarkan terdiri dari potongan harga sampai dengan 10 persen, lucky discount hingga tiga persen, deposito Rp 150 juta, dan bebas biaya untuk Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), asuransi, provisi, serta administrasi.

Karenanya, jika kebetulan dana yang dimiliki sudah memadai, tak ada salahnya memanfaatkan promo tersebut agar memiliki hunian di BSD City bisa terwujud.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk properti Sinar Mas Land di BSD City dan ketentuan program Move in Quickly, silakan kunjungi laman www.sinarmasland.com/moveinquickly atau hubungi 021 53159000.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya