Kompas.com - 30/11/2020, 16:34 WIB
Generasi milenial, segment sasaran terbesar pengembang perumahan. SHUTTERSSTOCK/RUSTLEGenerasi milenial, segment sasaran terbesar pengembang perumahan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan suplai rumah pada kuartal IV-2020 tercatat lebih tinggi 10 persen dibanding triwulan sebelumnya.

Porsi terbesar dipasok Provinsi DKI Jakarta dengan 32 persen. Disusul Jawa Barat 28 persen, Banten 17 persen, dan Jawa Timur 14 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan, kenaikan suplai rumah di Indonesia menjadi kabar baik bagi calon konsumen yang ingin memiliki rumah.

Pasalnya, kata dia, dengan pertumbuhan suplai ini, konsumen bisa mendapatkan banyak properti dengan harga yang terjangkau.

"Adanya peningkatan secara drastis indeks suplai properti tersebut memberikan keuntungan bagi konsumen. Kuartal ini masih tetap menjadi buyer’s market," kata Marine dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (30/11/2020).

Baca juga: Tawaran Rumah Murah Rp 290 Juta, DP-nya Bisa Dicicil 6 Kali

Marine menjelaskan, bagi sebagian konsumen, membeli rumah dalam situasi seperti ini mungkin bukan keputusan yang ideal, tetapi bagi yang sudah siap secara finansial maka membeli rumah saat ini merupakan keputusan yang tepat.

Karenanya, Marine menyebut keputusan membeli rumah saat ini sangat cocok dilakukan untuk pasangan muda.

Terlebih bagi mereka yang dapat menghemat biaya resepsi pernikahannya, sehingga bisa mengalokasikan anggarannya untuk membeli rumah.

"Biaya resepsi pernikahan bisa digunakan untuk membeli rumah. Pernikahan sebagai awal kehidupan baru bagi sebagian orang memang menjadi alasan untuk keluar dari rumah orang tua dan mulai tinggal mandiri di rumah sendiri," ujarnya.

Hal tersebut sejalan dengan hasil survei Consumer Sentiment Study Semester II-2020 yang menyebutkan bahwa sekitar 63 persen responden menyatakan belum menikah menjadi salah satu alasan untuk belum keluar dari rumah orangtua.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.