Orang Kaya Mulai Belanja Properti, Intiland Tawarkan Rumah Rp 23 Miliar Per Unit

Kompas.com - 27/11/2020, 15:12 WIB
South Grove, Jakarta Selatan. Intiland DevelopmentSouth Grove, Jakarta Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Orang-orang kaya Indonesia dengan harta lebih dari 30 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 423 miliar mulai membelanjakan uangnya di sektor properti.

Hal ini setidaknya terlihat dari penjualan Lyndon, di Nava Park, BSD City, yang dikembangkan duet Sinarmas Land dan Hongkong Land, di mana Tipe 19 yang dibanderol Rp 30 miliar sukses terserap pasar.

Pembelinya adalah para pengusaha papan atas yang sebelumnya sudah memiliki aset hunian di Pondok Indah, Kebayoran Bayu, Pluit, dan sekitarnya, serta Youtuber dan Gamers.

Fenomena ini juga ditangkap oleh PT Intiland Development Tbk. Perusahaan publik yang dirintis Hendro S Gondokusumo ini berencana menawarkan rumah mewah di kawasan Gandaria, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dalam waktu dekat, Intiland mengeluarkan produk 1Park Homes dengan jumlah terbatas hanya 32 unit. 

Baca juga: Penampakan Rumah Termahal Se-Indonesia, Harganya Setara Lamborghini Sesto

Mempertimbangkan lokasi di kawasan yang secara tradisional masuk dalam daftar elite serta kedekatannya dengan Central Business Dictsrict (CBD) Sudirman, 1Park Homes dipatok dengan harga tertinggi Rp 23 miliar per unit.

Sementara penawaran perdana untuk harga terendah adalah Rp 18 miliar per unit.

Menurut Direktur Pengembangan Bisnis Intiland Development Permadi Indra Yoga, tren pertumbuhan rumah kelas atas sejatinya mulai terlihat pada Kuartal III-2020.

Menariknya, pertumbuhan rumah menengah ke bawah justru menurun. Padahal sebelumnya masih menunjukkan angka positif pada Kuartal I dan II.

"Jadi ini kami anggap sebagai opportunity. Orang-orang kaya yang menahan uangnya, kembali berbelanja karena ada produk yang sesuai dengan keinginan mereka," kata Yoga menjawab Kompas.com, Kamis (26/11/2020).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X