Kompas.com - 02/10/2020, 08:41 WIB
PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) tau SMF menandatangani perjanjian kerja sama Program Kemitraan Pembiayaan Homestay dengan BUMDes Kemuning Makmur, Kamis (1/10/2020). Tampa dalam gambar, Kepala Desa Kemuning Widadi Nur Widyoko, Direktur BUMDes Kemuning Makmur Joko Sugiarto, Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budhi Arie Setiadi, Direktur SMF Trisnadi Yulrisman, dan Ketua Yayasan Menuju Indonesia Emas (YMIE), Marsudi Wahyu Kisworo. SMFPT Sarana Multigriya Finansial (Persero) tau SMF menandatangani perjanjian kerja sama Program Kemitraan Pembiayaan Homestay dengan BUMDes Kemuning Makmur, Kamis (1/10/2020). Tampa dalam gambar, Kepala Desa Kemuning Widadi Nur Widyoko, Direktur BUMDes Kemuning Makmur Joko Sugiarto, Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budhi Arie Setiadi, Direktur SMF Trisnadi Yulrisman, dan Ketua Yayasan Menuju Indonesia Emas (YMIE), Marsudi Wahyu Kisworo.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF merealisasikan Program Kemitraan Pembiayaan Homestay di Desa Kemuning, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Kerja sama ini merupakan bagian dari upaya mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) khususnya di sektor pariwisata daerah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kerja sama tersebut direalisasikan melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara SMF dan BUMDes Desa Kemuning yang ditandatangani oleh Direktur SMF Trisnadi Yulrisman, dan Direktur BUMDes Kemuning Makmur, Joko Sugiarto, pada Kamis (1/10/2020).

Baca juga: SMF Kucurkan Rp 500 Miliar KPR Syariah kepada Bank DKI

Dalam kerja sama ini, SMF berperan sebagai pemberi pembiayaan homestay kepada masyarakat di Desa Kemuning, melalui BUMNDes dengan total dana Rp 2,250 miliar.

Direktur SMF Trisnadi Yulrisman mengatakan, penyaluran pembiayaan homestay ini merupakan bagian dari komitmen SMF mendukung PEN sektor pariwisata.

“Sebagai Special Mission Veehicle (SMV) Kementerian Keuangan RI, kami berkomitmen memberikan manfaat yang lebih luas. Terkait itu SMF siap mendorong pertumbuhan sektor pariwisata," ujar Trisnadi.

Dia berharap kerja sama ini dapat menjadi sarana pengembangan potensi wisata di Kabupaten Karanganyar, dan berdampak positif bagi masyarakat.

Lebih lanjut Trisnadi memaparkan pembiayaan homestay dapat meningkatkan kualitas aspek kesehatan, pendidikan, pekerjaan, kekayaan, tingkat pendapatan, kualitas hidup, perdagangan, dan kesadaran masyarakat terhadap lingkungannya.

Untuk diketahui, Program Pembiayaan Homestay merupakan salah satu program penugasan khusus kepada SMF dari Pemerintah.

Sepanjang tahun 2019, SMF telah bersinergi dengan pera pemangku kepentingan dalam merealisasikan program ini di Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) yang terletak di Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.