Pemerintah Dorong Milenial Tinggal di Hunian Berbasis TOD

Kompas.com - 14/08/2020, 14:00 WIB
Ilustrasi miniatur apartemen. Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).Ilustrasi miniatur apartemen.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong pembangunan hunian vertikal di kawasan perkotaan agar generasi milenial memiliki hunian pertama yang sehat, berkualitas, nyaman dengan harga yang terjangkau melalui fasilitas pembiayaan dari Pemerintah.

Selanjutnya, pembangunan hunian berkonsep Transit Oriented Development ( TOD) ini juga akan dilakukan pada kawasan terminal bus.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, hal tersebut meurpakan bentuk perhatian dan kesungguhan Pemerintah dalam menyediakan rumah sehat dan berkualitas bagi generasi milenial

"Sebenarnya tidak hanya pada integrasi moda transportasi, nanti arahnya juga ke pengembangan kawasan dan kota ( urban development) sekaligus untuk pengurangan kawasan kumuh perkotaan," ujar Basuki dalam siaran pers, Jumat (14/8/2020).

Plt Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti menambahkan, lahan di kawasan perkotaan untuk lokasi rumah tapak semakin terbatas saat ini.

Untuk itu, pembangunan hunian vertikal menjadi pilihan bagi generasi milenial jika ingin tinggal dan bekerja di kawasan perkotaan.

Baca juga: Hunian Pilihan Sesuai Kantong Milenial

“Pembangunan hunian vertikal seperti rumah susun dan apartemen akan mendorong penggunaan tanah yang lebih efektif dan jumlah unit hunian yang cukup banyak," kata Anita.

Anita melanjutkan, tinggal di hunian vertikal di kawasan perkotaan membuat generasi milenial lebih mudah menjangkau kawasan perkantoran dan komersial yang menjadi lokasi kerjanya.

Selain itu, Pemerintah juga mendorong Perbankan untuk bisa memudahkan penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk para generasi milenial.

Dengan demikian, generasi milenial akan lebih tertarik untuk menyisihkan penghasilannya untuk membeli aset, seperti rumah.

Direktur Bank Tabungan Negara ( BTN) Hirwandi Gafar menerangkan, BTN siap membantu generasi milenial untuk memiliki rumah yang layak huni baik rumah tapak maupun rumah susun.

Bank BTN pun telah menyalurkan KPR untuk ratusan ribu rumah di Indonesia serta merupakan bank yang fokus dalam program perumahan di Indonesia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X