Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama di Indonesia, Pengguna Tol Bisa Isi Ulang Uang Elektronik via Whatsapp

Kompas.com - 24/07/2020, 16:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelola Jalan Tol Makassar, PT Bosowa Marga Nusantara (BMN) dan PT Jalan Tol Seksi Empat (JTSE) yang merupakan anak usaha dari PT Margautama Nusantara (MUN) meresmikan sistem pengisian ulang (top up) uang elektronik (unik) melalui Whatsapp mulai 24 Juli 2020.

Terhitung sejak hari ini, para pengguna Jalan Tol Makassar dapat melakukan pengisian ulang unik di mana pun dan kapan pun dengan mudah serta praktis melalui Aplikasi Whatsapp seperti halnya melakukan pengisian pulsa seluler.

Direktur utama PT Bosowa Marga Nusantara (BMN) dan PT Jalan Tol Seksi Empat (JTSE) Anwar Toha mengklaim, sistem ini merupakan layanan pertama yang diaplikasikan di jalan tol dan Tol Makassar menjadi BUJT pertama yang menyediakan fasilitas ini.

Baca juga: Begini Cara Isi Ulang Saldo Kartu Tol via WhatsApp

"Para pengguna jalan tol yang kehabisan saldo tidak perlu khawatir karena dengan cara yang cepat dan praktis dapat melakukan pengisian kartu tol dengan mudah di manapun dan kapan pun," kata Anwar dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Jumat (24/7/2020).

Sebelumnya, manajemen Tol Makassar telah menyediakan layanan pengisian kartu di gerbang tol maupun posko pelayanan top up yang tersebar di pintu-pintu masuk tol.

Namun, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, pertukaran uang kartal melalui transaksi tunai merupakan salah satu sumber transmisi dari penularan.

Sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19 sekaligus untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jalan, manajemen Tol Makassar memberikan solusi dengan menyediakan layanan pengisian unik melalui sistem pembayaran non tunai dengan cara yang cepat, aman, nyaman, mudah serta efisien.

Pengisian ulang unik menggunakan fasilitas “Top Up Whatsapp” dapat dilakukan secara personal tanpa membutuhkan bantuan petugas, sehingga mendukung anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing saat ini.

Baca juga: Inovasi Konstruksi Tol Layang AP Pettarani Dipuji Basuki

Fasilitas ini juga dapat digunakan untuk seluruh pengguna IOS dan Android. Manajemen Tol Makassar berkolaborasi dengan berbagai mitra perbankan yakni Bank Mandiri dan Bank BNI untuk mempermudah para pengguna tol dalam bertransaksi.

Khusus untuk Bank BRI dan Bank BCA, layanan top up melalui WhatsApp ini baru dapat digunakan pada bulan Agustus 2020.

Pengisian ulang unik via WhatsApp saat ini hanya dapat dilakukan untuk jenis kartu E-Money dan Tapcash.

Tidak hanya top up unik, layanan transaksi melalui aplikasi WhatsApp ini juga dapat digunakan untuk bertransaksi dalam hal membeli pulsa, membayar tagihan listrik, tagihan
telephone, tagihan TV Kabel, PDAM, dan tagihan BPJS.

Sebelumnya, Manajemen Tol Makassar telah menerapkan pembayaran tol secara elektronik sejak November 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com