Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Isi Ulang Saldo Kartu Tol via WhatsApp

Kompas.com - 24/07/2020, 21:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bosowa Marga Nusantara (BMN) dan PT Jalan Tol Seksi Empat (JTSE) yang merupakan pengelola Jalan Tol Makassar meresmikan sistem pengisian ulang atau top up uang elektronik (unik) melalui aplikasi WhatsApp pada Jumat (24/7/2020).

Direktur Utama PT BMN dan PT JSTE Anwar Toha mengungkapkan sistem ini merupakan layanan pertama yang diaplikasikan di jalan tol.

Dengan penerapan sistem ini, pengguna jalan tidak perlu khawatir kehabisan saldo karena mereka dapat melakukan pengisian kartu tol dengan mudah.

Sebelumnya, pengelola menyediakan layanan pengisian kartu di gerbang tol maupun posko pelayanan top up yang tersebar di seluruh pintu masuk.

Baca juga: Pertama di Indonesia, Pengguna Tol Bisa Isi Ulang Uang Elektronik via Whatsapp

Cara ini dilakukan guna mencegah penularan virus Covid-19 serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami selalu berusaha memberikan pelayana terbaik dengan penyediaan fasilitas melalui inovasi kreatif yang mempermudah para pengguna jalan dalam bertransaksi," ucap Anwar melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat.

Cara pengisian saldo tol dapat dilakukan secara personal. Fasilitas ini juga dapat digunakan untuk seluruh pengguna IOS dan Android.

Manajemen Tol Makassar berkolaborasi dengan berbagai mitra perbankan yakni Bank Mandiri dan Bank BNI untuk mempermudah para pengguna tol dalam bertransaksi.

Khusus untuk Bank BRI dan Bank BCA, layanan top up melalui Aplikasi WhatsApp ini baru dapat digunakan pada bulan Agustus 2020.

Pengisian ulang unik via WhatsApp saat ini hanya dapat dilakukan untuk jenis kartu E-Money dan Tapcash.

Para pengguna jalan yang ingin melakukan top up kartu UNIK via Aplikasi WhatsApp dapat mengikuti beberapa langkah ini:

  • Scan QR Code yang tertera pada gardu dan palang di Seluruh Gerbang Tol Makassar atau simpan nomor WhatsApp ini 0811-7155-777 dikontak Anda.
  • Klik start.
  • Pilih top up kartu.
  • Transaksi dapat dilakukan melalui transfer bank, OVO dan Aplikasi Isiin Aja.
  • Untuk top up kartu Uang Elektronik (UNIK) harap memasukan nomor yang tertera pada kartu.
  • Update saldo E-Money (Bank Mandiri) dapat dilakukan melalui Aplikasi Isiin Aja (download pada Play Store), sedangkan saldo TapCash (BNI) dapat di-update melalui aplikasi TapCash Go (download pada Play Store), atau ATM/EDC Bank yang bersangkutan.

Baca juga: BPJT Pastikan Tarif Tol Tak Berubah Saat Sistem Transaksi MLFF Diterapkan

Anwar menambahkan, layanan transasksi ini juga bisa digunakan untuk membeli pulsa, membayar tagihan listrik, tagihan telephone, tagihan TV Kabel, PDAM, dan tagihan BPJS.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com