Realisasi Program Padat Karya ABSAH Mencapai 55,54 persen

Kompas.com - 26/06/2020, 09:30 WIB
Pembangunan ABSAH dilakukan melalui Padat Karya Tunai (PKT) tahun anggaran 2020. 
Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRPembangunan ABSAH dilakukan melalui Padat Karya Tunai (PKT) tahun anggaran 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelesaikan pembangunan Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH).

ABSAH merupakan infrastruktur penyediaan air baku mandiri dengan prinsip kerja menampung air hujan.

Air tersebut kemudian ditampung dan disaring dengan media akuifer buatan berupa kerikil, pasir, bata merah, batu gamping, ijuk, dan arang.

Hingga saat ini progres konstruksi ABSAH mencapai 55,54 persen. Hingga pertengahan Juni 2020, realisasi pembangunan ABSAH telah dilakukan di 79 lokasi dari target 94 lokasi,. 

Pembangunan ABSAH dilakukan melalui Padat Karya Tunai (PKT) tahun anggaran 2020. Anggaran yang dikucurkan untuk program ini mencapai Rp 38 miliar.

Baca juga: Kementerian PUPR Terapkan Teknologi ABSAH Melalui Padat Karya Tunai

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, penyaluran Padat Karya ABSAH dlaksanakan melalui pembangunan infrastrukturn yang melibatkan warga setempat.

"Selain untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat, PKT juga bertujuan mendistribusikan dana hingga ke desa atau pelosok dan mengurangi pengangguran akibat dari Pandemi COVID-19," ucap Basuki seperti dikutip Kompas.com dari laman resmi Kementerian PUPR, Jumat (26/6/2020).

Basuki melanjutkan, Pembangunan ABSAH diprioritaskan pada daerah kering, kawasan sulit air karena faktor geologi dan iklim, pulau-pulau kecil, dan daerah berair asin.

Di Jawa Tengah, pembangunan ABSAH dilakukan di beberapa dawrah yakni Kabupaten Demak, Grobogan, Pemalang, serta di Kabupaten Sukoharjo. Pembuatan ABSAH juga dilakukan di 35 lokasi di Maluku.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X