Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciputra Artpreneur Bantu Pegiat Seni Terdampak Covid-19

Kompas.com - 19/05/2020, 18:11 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ciputra Artpreneur Jakarta menginisiasi kegiatan sosial #BersamaBantuSesama, program donasi bagi para pekerja seni serta pekerja harian lepas yang terdampak Pandemi Covid-19.

Program #BersamaBantuSesama ini direalisasikan dalam bentuk 1.000 paket kebutuhan pokok yang disalurkan secara simbolis, di Jakarta, Senin (18/5/2020). 

Presiden Direktur Ciputra Artpreneur Jakarta Rina Ciputra Sastrawinata mengatakan program yang digaungkan sejak awal April 2020 lalu merupakan kolaborasi antara Grup Ciputra, Teater Koma, Teater Keliling, Teater Gandrik, Bumi Purnati Indonesia, TEMAN, CCAI, dan Aku Anak Rusun.

Baca juga: Ciputra Tak Izinkan Pekerja Pulang Kampung, Gantinya Diberi Insentif

Kemudian, Titimangsa Foundation, Jakarta Move-in, Twilite Orchestra, The Resonanz, dan Purwacaraka Music Studio, dan didukung +Jakarta, platform kolaborasi Pemerintah DKI Jakarta.

"Pandemi Covid-19 telah berdampak signifikan di berbagai sektor kehidupan, termasuk bidang seni dan budaya," ujar Rina dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (19/5/2020).

Di bidang seni dan budaya ini, lanjut dia, elemen yang paling terdampak adalah para pegiat seni, dengan melihat fakta bahwa berbagai pertunjukan seni dan budaya di Indonesia saat ini tidak digelar untuk sementara waktu.

Para pegiat seni didefinisikan sebagai kru dan pekerja harian lepas yang turut aktif mendukung kegiatan seni, budaya, dan industri kreatif di Indonesia.

“Berangkat dari keprihatinan itu, maka kami mengampanyekan kegiatan donasi sosial #BersamaBantuSesama, dengan tujuan membantu para penggiat seni melewati masa-masa sulit," imbuh Rina.

Kegiatan donasi masih terus berjalan hingga saat ini, tidak menutup kemungkinan skala dan kuantitas penyalurannya akan bertambah.

Menurut Rina, donasi ini disalurkan ke penggiat seni di seluruh wilayah tanah air, tidak hanya di Jabodetabek.

Pendataan para penerima donasi ini juga melibatkan berbagai pihak karena program ini juga merupakan sebuah kolaborasi dengan lembaga-lembaga lain yang memiliki kompetensi di bidang seni, budaya, dan industri kreatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com