Normal Baru, Robot Patroli Tegur Pengunjung Pusat Perbelanjaan

Kompas.com - 19/05/2020, 15:01 WIB
Robot di Mall bangkok, thailand khaosodenglishRobot di Mall bangkok, thailand

JAKARTA, KOMPAS.com - Mal di Thailand mulai dibuka kembali setelah dua bulan ditutup untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Pembukaan mal disertai dengan sejumlah protokol dan prosedur baru yang harus diterapkan secara ketat.

Adaptasi pun dilakukan para pengelola agar operasional mal dapat berjalan lancar tanpa kendala. Termasuk pengelola Siam Paragon Shopping Mall.

Pengelola melibatkan robot-robot patroli untuk menegur dan mengingatkan para pengunjung agar selalu menggunakan masker.

Robot akan berhenti secara otomatis ketika manusia atau benda terlalu dekat dengannya dan dapat melihat orang yang tidak mengenakan masker dari jarak paling jauh 20 meter.

Baca juga: APPBI Ajukan Protokol Kesehatan di Mal, Ini Rinciannya...

Kemudian, robot ini akan memperingatkan pengunjung untuk menggunakan masker dengan benar, dan menjaga jarak satu sama lain. 

Robot yang menjaga di lantai pertama tidak hanya dapat mengenali pengunjung tanpa masker wajah, melainkan juga dapat mendeteksi suhu tubuh.

Jika pengunjung kedapatan melanggar aturan, robot akan benar-benar memberikan peringatan keras.

Penanggung jawab operasi robot, Worakrit Ouitrakul mengatakan, bahasa yang bisa digunakan para robot sementara hanya bahasa Thailand.

Namun begitu, Worakrit akan secepatnya memperbarui robot agar mampu berbicara dalam Inggris atau bahkan Cina.

Halaman:


Sumber Khaosod
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X