Menguasai Digital Marketing, Kunci Sukses Bisnis Properti

Kompas.com - 10/05/2020, 14:00 WIB
Ilustrasi pasangan muda berencana membeli rumah. SHUTTERSSTOCK/RUSTLEIlustrasi pasangan muda berencana membeli rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencarian rumah melalui platform teknologi digital semakin masif saat Pandemi Covid-19. Hal ini ditandai menurunnya jumlah kunjungan proyek-proyek properti.

Oleh karena itu, Country Manager Rumah.com Marine Novita menyarankan para penjual properti baik pengembang, agen, maupun perorangan untuk menguasai teknologi online dan e-commerce.

Penguasaan teknologi digital marketing menjadi kunci dasar untuk bertahan pada masa Pandemi yang menghasilkan kebiasaan baru atau new normal.

Teknologi Artificial Intelligence (AI), Virtual Tour, Multimedia Listings seperti yang disediakan berbagai platform juga menjadi kunci pemasaran pada masa depan.

Terlebih para developer, agen, maupun perorangan saat ini lebih banyak memasang listing iklan sewa dibanding jual.

Baca juga: Meski Krisis, Tren Pencarian Rumah secara Online Tetap Tumbuh

Marine mencatat, total pemasang listing sewa di situs properti yang dikelolanya telah mencapai lebih dari 39.000 properti.

Jumlah kunjungan para pencari properti sewa mengalami peningkatan sekitar 5 persen dibandingkan sebelum adanya pandemi.

"Wilayah yang paling banyak dicari untuk properti sewa juga dengan properti dijual hampir sama yakni di wilayah DKI Jakarta sebanyak 47 persen, Jawa Barat 19 persen, Banten 18 persen dan Jawa Timur 7 persen," ujar Marine Novita menjawab Kompas.com, Sabtu (9/5/2020).

Konsumen yang mencari properti untuk disewa pada Kuartal Pertama 2020 dibanding Kuartal IV-2019 mengalami peningkatan pesat yakni 40 persen.

Berdasarkan jumlah halaman detail iklan properti disewa yang dilihat pengunjung (listing detail pageview) pun melonjak 47 persen.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X