Di Tengah Pandemi, China Memulai Konstruksi Stadion Terbesar di Dunia

Kompas.com - 24/04/2020, 07:00 WIB
Guangzhou Evergrande ReutersGuangzhou Evergrande

KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia, China memulai pembangunan stadion terbesar di dunia.

Stadion bernama Guangzhou Evergrande itu dirancang dengan 100.000 tempat duduk dan ditargetkan rampung pada 202 dan akan menjadi lokasi laga Piala Asia 2023.

Kapasitas ini disebut melampaui kapasitas Camp Nou Barcelona yang saat ini masih memegang rekor sebagai stadion sepak bola terbesar di dunia.

Pembangunanya sendiri diperkirakan menelan dana hingga 12 miliar yuan atau sekitar Rp 26,18 triliun.

Baca juga: Manchester City Relakan Stadion Etihad Jadi Faskes Covid-19

Presiden konglomerat real estat Evergrande Xia Haijun mengatakan, stadion ini dibangun dengan tujuan agar menjadi tengara baru kelas dunia layaknya Sydney Opera House maupun Burj Khalifa.

"Dan simbol penting sepak bola China yang menuju dunia," kata Xia seperti dikutip dari laman CNN, Kamis (23/4/2020).

Xiu mengatakan, desainnya terinspirasi dari bunga lotus yang berasal dari status Guangzhou yang terkenal sebagai Kota Bunga.

Desainnya merupakan karya dari desainer Amerika Serikat yang berbasis di Shanghai, Hasan Syed.

Nantinya, seluruh bangunan stadion juga mencakup 16 kamar pribadi VVIP, 152 kamar pribadi VIP, area untuk FIFA, area bagi atlet, dan ruang media.

Saat ini tim tersebut berkandang di Tanhe Stadium, sebuah stadion yang berkapasitas 58.500 kursi. Melansir laman Forbes, Guangzhou Evergrande dimiliki oleh Evergrande, perusahaan real estat terbesar di China.

Menurut ESPN, Xia menuturkan, perusahaan tersebut berencana membangun antara tiga atau lima stadion lagi berkapasitas 80.000-10.000 kursi di seluruh China.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNN
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X