3 Tower Tambahan RS Covid-19 Wisma Atlet Tuntas, Giliran Tower 6 Dimodifikasi

Kompas.com - 16/04/2020, 16:00 WIB
RS Wisma Atlet Kemayoran. Dok. BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPRRS Wisma Atlet Kemayoran.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid mengungkapkan, pekerjaan persiapan tiga menara tambahan yakni Tower 2,4, dan 5 sebagai RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran tuntas dikerjakan dan dioperasikan Sabtu (11/4/2020).

"Tower (menara) 2,4, dan 5 sudah selesai Sabtu (11/4/2020)," ujar Khalawi kepada Kompas.com, Kamis (16/4/2020).

Sebelumnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (9/4/2020), Khalawi memperkirakan pekerjaan 3 menata tambahan tersebut dijadwalkan rampung Sabtu (18/4/2020).

Baca juga: Antisipasi Pasien Covid-19 Membeludak, 3 Menara Tambahan Wisma Atlet Disiapkan

Khalawi melanjutkan, saat ini Kementerian PUPR sedang mengerjakan peningkatan fungsi Tower 6 yang semula sebagai ruang isolasi atau karantina pasien menjadi Rumah Sakit Darurat.

Hal ini menyusul jumlah pasien terjangkit Covid-19 di Tower 7 yang ditampung melebihi kapasitas gedung.

Khalawi memperkirakan, pengerjaan peningkatan fungsi Tower 6 bisa diselesaikan sampai akhir April.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tower 6 selesai akhir bulan ini karena desain khusus ruangan negative pressure (tekanan negatif) harus difinalkan oleh Kementerian Kesehatan," ucap Khalawi.

Rincian peruntukkan Tower 6 adalah sebagai berikut; lantai 1 nantinya akan dibangun Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), lantai 2 akan dibangun Ruang ICU dan lantai 3 sebagai Ruang Pemulihan.

Berdasarkan site plan yang ada di RS Darurat Covid-19, lantai 4-24 di Tower 6 akan digunakan sebagai ruang isolasi pasien.

Tahap tersebut menjadi poin yang sangat penting karena harus sangat diperhatikan dalam pembangunannya dan menghasilkan ruangan dengan tekanan negatif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X