Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2020, 20:47 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - TNI dan Polri menyiapkan 161 rumah sakit di seluruh Indonesia untuk menangani pasien terinfeksi Covid-19.

Rinciannya, TNI mengerahkan 109 rumah sakit, dan Polri sekitar 52 rumah sakit, baik yang berada di pusat maupun di Daerah Tingkat I dan Daerah Tingkat II.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, rumah sakit milik TNI dan Polri ini disiapkan untuk menambah kapasitas rumah sakit rujukan yang ditunjuk Pemerintah, Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, dan di Pulau Galang.

"Kami sudah dan sedang mempersiapkan rumah-rumah sakit tersebut sebagai ruang isolasi," kata Hadi usai meninjau kesiapan fisik Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020).

Baca juga: Menkes: RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Hanya untuk Pasien Gejala Ringan

Menurut Hadi, khusus rumah sakit TNI terdapat minimal 10 sampai 30 tempat tidur yang didedikasikan untuk pasien terpapar Corona.

Sementara rumah sakit Polri yang disiapkan memiliki daya tampung sebanyak 2.000 tempat tidur.

Suasana di depan gedung Medical Check Up, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019), saat Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono menjenguk korban ledakan di Monas.KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI Suasana di depan gedung Medical Check Up, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019), saat Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono menjenguk korban ledakan di Monas.
Termasuk Rumah Sakit Brimob sebanyak 200 tempat tidur, dan Rumah Sakit Pusat Polri Kramat Jadi 50 tempat tidur.

"Jadi, apabila masyarakat memiliki gejala Covid-19, bisa langsung mendatangi rumah-rumah sakit milik TNI dan Polri," kata Hadi.

Dia menambahkan, Kementerian BUMN juga sudah menginventarisasi rumah sakit milik BUMN, dan beberapa di antaranya telah digunakan untuk menampung pasien Covid-19.

Baca juga: Mengintip Ruang Rawat Inap RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran

Seluruh rumah sakit tersebut berada di bawah kendali Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, biak pusat maupun daerah.

 

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan Rumah Sakit Darurat Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, siap dioperasikan dan menerima pasien terindikasi dan terinfeksi virus Corona pada Senin (23/3/2020).

Gedung Promoter Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (14/1/2020).KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI Gedung Promoter Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (14/1/2020).
Basuki menjelaskan, pemanfaatan empat menara Wisma Atlet Kemayoran sebagai Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 merupakan salah satu kesiapan pemerintah menghadapi virus Corona.

Kementerian PUPR ditugaskan mengerjakan tiga komponen pekerjaan yakni pertama pembersihan yang saat ini sudah rampung 100 persen.

Kedua, penyemprotan seluruh bangunan baik indoor maupun outdoor dengan desinfektan.

Baca juga: Kepala BNPB Doni Monardo: Hentikan Polemik Lockdown

Ketiga modifikasi bangunan di Tower 1, 3, 6, dan 7, yang dilengkapi laboratorium farmasi, dan peralatan medis portable. Modifikasi bangunan keempat menara ini juga sudah selesai 100 persen.

"Peralatan kesehatan yang dipasok Kementerian BUMN siang ini akan diinstal. Sore gladi bersih. Semoga Senin besok, insya Allah siap dioperasikan oleh TNI," ujar Basuki.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com