TNI dan Polri Siapkan 161 Rumah Sakit untuk Pasien Covid-19

Kompas.com - 22/03/2020, 20:47 WIB
Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat pelepasan tim evakuasi warga negara Indonesia yang bekerja di kapal Diamond Princess di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (28/2/2020). Pemerintah mengevakuasi 68 WNI di Kapal Diamond Princess yang kini berada di Yokohama, Jepang, terkait merebaknya virus corona . KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOPanglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat pelepasan tim evakuasi warga negara Indonesia yang bekerja di kapal Diamond Princess di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (28/2/2020). Pemerintah mengevakuasi 68 WNI di Kapal Diamond Princess yang kini berada di Yokohama, Jepang, terkait merebaknya virus corona .

JAKARTA, KOMPAS.com -  TNI dan Polri menyiapkan 161 rumah sakit di seluruh Indonesia untuk menangani pasien terinfeksi Covid-19.

Rinciannya, TNI mengerahkan 109 rumah sakit, dan Polri sekitar 52 rumah sakit, baik yang berada di pusat maupun di Daerah Tingkat I dan Daerah Tingkat II.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, rumah sakit milik TNI dan Polri ini disiapkan untuk menambah kapasitas rumah sakit rujukan yang ditunjuk Pemerintah, Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, dan di Pulau Galang.

"Kami sudah dan sedang mempersiapkan rumah-rumah sakit tersebut sebagai ruang isolasi," kata Hadi usai meninjau kesiapan fisik Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020).

Baca juga: Menkes: RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Hanya untuk Pasien Gejala Ringan

Menurut Hadi, khusus rumah sakit TNI terdapat minimal 10 sampai 30 tempat tidur yang didedikasikan untuk pasien terpapar Corona.

Sementara rumah sakit Polri yang disiapkan memiliki daya tampung sebanyak 2.000 tempat tidur.

Suasana di depan gedung Medical Check Up, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019), saat Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono menjenguk korban ledakan di Monas.KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI Suasana di depan gedung Medical Check Up, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019), saat Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono menjenguk korban ledakan di Monas.
Termasuk Rumah Sakit Brimob sebanyak 200 tempat tidur, dan Rumah Sakit Pusat Polri Kramat Jadi 50 tempat tidur.

"Jadi, apabila masyarakat memiliki gejala Covid-19, bisa langsung mendatangi rumah-rumah sakit milik TNI dan Polri," kata Hadi.

Dia menambahkan, Kementerian BUMN juga sudah menginventarisasi rumah sakit milik BUMN, dan beberapa di antaranya telah digunakan untuk menampung pasien Covid-19.

Baca juga: Mengintip Ruang Rawat Inap RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran

Seluruh rumah sakit tersebut berada di bawah kendali Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, biak pusat maupun daerah.

 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X