KPR FLPP 88.911 Debitur Dibiayai SMF

Kompas.com - 19/03/2020, 19:08 WIB
Ilustrasi KPR www.shutterstock.comIlustrasi KPR

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF bersama BLU PPDPP merealisasikan penyaluran dana Kredit Perumahan Rakyat (KPR) Fasilitas Likuiditas Pembiayaan perumahan ( FLPP) sebesar Rp 2,909 triliun kepada 88.911 debitur sepanjang tahun 2019.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (19/3/2020) menuturkan, dana tersebut disalurkan melalui 12 bank penyalur KPR FLPP.

Saat ini, SMF turut membiayai pendanaan KPR FLPP dengan porsi 25 persen. Sementara Pemerintah menyediakan 75 persen dari total pendanaan.

Program ini merupakan salah satu penugasan khusus SMF. Selain penyaluran KPR, perusahaan juga merealisasikan beberapa program antara lain Program KPR SMF Paska Bencana serta Program Penurunan Beban Fiskal.

Kemudian Program Pembiayaan Homestay di Destinasi Pariwisata Prioritas dan Program Pengembangan Rumah di Daerah kumuh.

Baca juga: Sepanjang 2019, SMF Salurkan Pembiayaan KPR Rp 14,45 Triliun

Adapun realisasi untuk Program Pembiayaan Homestay di destinasi wisata prioritas dilakukan di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Nusa Tenggara Barat. Program ini bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Keatif.

Di Jawa Tengah dan Yogyakarta, pembiayaan disalurkan ke tiga desa yaitu Desa Wisata Samiran, Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo, Yogyakarta dan Desa Wisata Nglanggeran, Kecamatan Pathuk, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Sedangkan di NTB, program pembiayaan disalurkan ke kawasan desatinasi wisata Desa Kuta, Lombok Tengah.

Kemudian realisasi Program Pengembangan Rumah di Daerah Kumuh berupa perbaikan 14 rumah di Kelurahan Purwokinanti, Yogyakara.

Lalu pada tahun 2019, program ini juga digulirkan di beberapa kota yaitu Semarang yang mencakup perbaikan rumah kumuh di 2 kelurahan dengan 40 rumah, Pontianak (1 kelurahan, 23 rumah), Bukittinggi (2 kelurahan, 13 rumah) dan Makassar (1 kelurahan 14 rumah).

Selanjutnya, SMF turut merealisasikan kepemilikan rumah untuk pemulihan permukiman terdampak akibat bencana.

Melalui program ini, SMF telah merealisasikan penyaluran KPR iB Pasca Bencana di Lombok Nusa Tenggara Barat, yang menyasar Aparatur Sipil Negara (ASN).

 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X