Korea, Rusia, dan Taiwan Berminat Kembangkan MLFF di Indonesia

Kompas.com - 11/03/2020, 17:44 WIB
Penajajakan minat pasar lima proyek infrastruktur di Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (11/3/2020). Suhaiela Bahfein/Kompas.comPenajajakan minat pasar lima proyek infrastruktur di Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit belum bisa memastikan perusahaan mana saja yang tertarik pada pengembangan teknologi pembayaran transaksi tol non-tunai nirsentuh Multi Lane Free Flow ( MLFF).

“Kalau data pastinya baru didapat pada saat pra-kualifikasi. Saat ini, namanya market sounding ya mengenalkan kepada para investor dan pasar,” ungkap Danang pada acara penjanjakan minat pasar pada 5 proyek tol di Kementerian PUPR, Rabu (11/3/2020).

Danang melanjutkan, untuk investor luar negeri yang saat ini terlihat mengikuti acara penjajakan minat pasar tersebut setidaknya ada tiga yang berasal dari Korea Selatan, Rusia, dan Taiwan.

Baca juga: Rabu Pagi, Market Sounding KPBU Sistem Pembayaran Tol Nirsentuh

Kehadiran calon investor asing untuk berpartisipasi tersebut dinilai sangat menggembirakan, karena dapat memacu minat pasar investor dalam negeri.

“Jadi, sebenarnya ini cukup menggembirakan melihat karena melihat investasi bisa diikuti perusahaan-perusahaan nasional,” ucap Danang.

Sebelumnya Danang memperkirakan, akan ada lima perusahaan Nasional dan Internasional yang berminat pada teknologi baru yang akan diimplementasikan di seluruh ruas jalan tol tersebut.

Kementerian PUPR menawarkan proyek MLFF ini dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) senilai Rp 2,923 triliun untuk trase sepanjang 1.713 kilometer.

Untuk diketahui, teknologi MLFF merupakan bagian dari elektronifikasi transaksi di bidang transportasi yang didukung oleh lembaga pengelola yang berperan sebagai Toll Service Provider (TSP) atau Electronic Toll Collection (ETC).

Adapun perusahaan asing yang menjadi pemrakarsa penerapan teknologi transaksi pembayaran tol non-tunai nirsentuh tersebut adalah Roatex Ltd. Zrt asal Hungaria.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X