Kompas.com - 01/03/2020, 14:00 WIB
Perhatikan hal-hal terkait perjanjian kontrak rumah ShutterstockPerhatikan hal-hal terkait perjanjian kontrak rumah

KOMPAS.com - Tempat tinggal adalah kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Namun, karena beberapa faktor, terutama finansial, membuat sebagian dari kita sulit untuk membeli dan memiliki rumah sendiri.

Salah satu solusi mengatasi urusan tempat tinggal ini adalah dengan mengontrak rumah. Sembari menabung atau mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR), Anda, pasangan, atau keluarga bisa menyewa rumah terlebih dahulu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, sebelum memutuskan untuk menyewa rumah, ada sejumlah hal yang perlu Anda ketahui menyangkut lokasi, perjanjian kontrak, kondisi fisik rumah, dan potensi risiko di kemudian hari.

Berikut beberapa hal yang wajib Anda ketahui:

1. Sesuaikan dengan Lokasi, Kebutuhan, dan Anggaran

Hal pertama yang Anda lakukan adalah mencari rumah yang sesuai dengan lokasi saat ini, kebutuhan dan anggaran.

Anda bisa mencarinya di situs jual beli properti dengan memperhatikan kejelasan gambar atau foto rumah, spesifikasi, harga sewa, dan transparansi cara pembayaran.

Kemudian, sesuaikan dengan faktor-faktor seperti pertimbangan lokasi dengan tempat kerja Anda, pasangan, dan sekolah anak-anak.

Kebutuhan seperti jumlah kamar tidur, kamar mandi, dan fasilitas di sekitarnya, dan tentunya anggaran sesuai kemampuan keuangan.

2. Melihat Rumah secara Langsung

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.