E-BSPS Memungkinkan Proses Verifikasi Bantuan Rumah Hanya 15 Menit

Kompas.com - 09/02/2020, 12:48 WIB
Ilustrasi rumah bercat dinding putih. home-designing.comIlustrasi rumah bercat dinding putih.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam mengembangkan aplikasi e-BSPS yang digunakan untuk memantau jalannya program BSPS, Kementerian PUPR telah melakukan uji coba di sembilan Kabupaten/Kota tahun 2019 lalu.

Dari uji coba tersebut, beberapa fasilitator program BSPS dapat melakukan verifikasi sekitar 15 menit yang biasanya memakan waktu 30 menit hingga 1 jam.

Uji coba dilakukan di Makassar, Serang, Yogyakarta, Banten, dan Jawa Tengah. Sekarang rata-rata setiap fasilitator dapat melakukan verifikasi untuk satu rumah hanya 15 menit.

Baca juga: Pantau Perumahan Swadaya, Kementerian PUPR Luncurkan Aplikasi E-BSPS

Demikian Kasubdit Pelaksanaan Bantuan Stimulan Direktorat Rumah Swadaya Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Fitrah Nur dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Jumat, (7/2/2020).

Fitrah menambahkan, fitur yang muncul di aplikasi tersebut antara lain, dashboard penilaian rumah tidak layak huni maupun kegiatan bedah rumah. Aplikasi e-BSPS pun juga bisa digunakan saat offline.

“Jadi fasilitator yang bertugas di daerah yang tidak ada signal tetap bisa pakai (secara offline) sampai ada signal lalu dimasukkan ke server,” terang Fitrah.

Baca juga: Kementerian PUPR Minta Pemda Duplikasi Bantuan Perumahan Swadaya

Para fasilitator program BSPS pun dapat memantau dokumentasi progres pembangunan rumah kepada Kementerian PUPR mulai 0 hingga 100 persen.

Langkah sederhana pengecekan progres perumahan yang dibangun tersebut akan dimulai oleh masyarakat penerima bantuan

Menurut Fitrah, Kementerian PUPR juga memantau hasil pembangunan yang dilakukan oleh fasilitator di lapangan.

“Kami mengembangkan aplikasi ini guna monitoring hasil pembangunan di lapangan," kata Fitrah.

Jadi, para pimpinan Kementerian PUPR baik Direktur dan Dirjen bisa memonitor fasilitator, progres penerima bantuannya serta melihat hasil pembangunan yang telah dilakukan oleh mereka sesuai dengan koordinatnya.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X