Jokowi Puji Gubernur Kalsel, Mampu Berkolaborasi Bangun TPA Regional

Kompas.com - 07/02/2020, 19:33 WIB
Jokowi memberikan keterangan kepada wartawan usai meresmikan TPA Banjarbakula, Kalsel, Jumat (7/1/2020). KOMPAS.com/ANDI MUHAMMAD HASWARJokowi memberikan keterangan kepada wartawan usai meresmikan TPA Banjarbakula, Kalsel, Jumat (7/1/2020).

BANJARMASIN, KOMPAS.com -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tempat Pemrosesan Akhir ( TPA) Sampah Regional Banjarbakula, Kalimantan Selatan, Jumat (7/1/2020).

Dalam peresmian ini, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM Mahfud MD, dan Kepala Staf Kepresiden Moeldoko. 

Jokowi memuji kolaborasi dan koordinasi yang dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dengan Kementerian PUPR dalam pembangunan TPA Sampah Regional Banjarbakula.

" TPA Sampah Regional Banjarbakula menjadi contoh yang baik kolaborasi antar instansi. Tidak perlu ego kedaerahan. Apa yang telah dilakukan Gubernur Kalimantan Selatan dalam pengeloaan bisa dijadikan contoh oleh provinsi lainnya," papar Jokowi.

Baca juga: TPA Regional Banjarbakula Selesai Dibangun

Menurut Jokowi, sampah bukan persoalan sepele. Ribuan ton sampah ada yang tidak bisa ditangani dan kerap menyebabkan musibah.

Terlebih kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan yang menimbulkan bencana, aroma yang tidak sedap, penyakit, pencemaran lingkungan, pencemaran air dan banjir.

"Sampah ini akan terus bertambah seiring dengan pertumbuhan penduduk. Jadi, TPA perlu ditata dengan sistem pengelolaan moden dan baik seperti TPA Sampah Regional Banjarbakula," imbuh Jokowi.

TPA Regional Banjarbakula, Kalimantan Selatan, diresmikan Presiden Joko Widodo, Jumat (7/2/2020)Kompas.com/Hilda B Alexander TPA Regional Banjarbakula, Kalimantan Selatan, diresmikan Presiden Joko Widodo, Jumat (7/2/2020)
Meskipun pengelolaan sampah bukan perkara mudah, apalagi dalam lingkup satu provinsi, namun Jokowi mengapresiasi TPA Sampah Regional Banjarbakula yang mencakup lima kota dan kabupaten yakni Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, dan Kabupaten Tanah Laut.

Dengan demikian, Jokowi yakin TPA Sampah Regional Banjarbakula yang dirancang seluas 15 hektar akan berjalan dengan baik.

Dari total luas lahan tersebut, 8 hektar di antaranya telah dikembangkan dan melayani masyarakat dengan kapasitas 790 ton sampah per hari.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X