Basuki Resmikan Rusunawa Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Kompas.com - 01/02/2020, 16:13 WIB
Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Mahasiswa Universitas Padjadjaran di Jatinangor, Sumedang, resmi dibuka Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sabtu (1/2/2020). KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDERRumah Susun Sewa (Rusunawa) Mahasiswa Universitas Padjadjaran di Jatinangor, Sumedang, resmi dibuka Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sabtu (1/2/2020).

SUMEDANG, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun Sewa ( Rusunawa) untuk mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) Jatinangor, Sumedang.

Basuki mengatakan, rusunawa untuk mahasiswa merupakan fasilitas pendidikan yang menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR, karena itu harus diperhatikan.

"Rusunawa Unpad ini adalah tindak lanjut dari instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang harus dikelola dengan hati-hati. Selain itu, pembangunannya juga harus berdasarkan rekomendasi dari Auditor Utama Pak Rildo Ananda Anwar," ujar Basuki saat meresmikan Rusunawa Mahasiswa Unpad, Sabtu (1/2/2020).

Baca juga: Basuki: Para Penghuni Rusunawa Harus Hidup Toleran

Basuki menambahkan, tak hanya di Unpad, Kementerian PUPR juga membangun rusunawa mahasiswa untuk mendukung penyediaan fasilitas pendidikan serupa di perguruan tinggi lainnya seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Diponegoro (Undip).

"Saya percaya diri mengalokasikan anggaran dan juga lahan sesuai peruntukannya. Fasilitas pendidikan akan kami perhatikan," imbuh Basuki.

Sementara itu, Rektor Unpad Rina Indiastuti mengungkapkan, proyek rusunawa mahasiswa Unpad diajukan pada 2017 karena banyak mahasiswa tahun pertama yang sangat membutuhkan fasilitas akomodasi.

"Diajukan pada 2017, dibangun setahun kemudian, dan selesai pada 2019. Rusunawa ini telah dihuni pada pertengahan 2019," kata Rina.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meresmikan rusunawa mahasiswa Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Sumedang, Sabtu (1/2/2020).Hilda B Alexander/Komaps.com Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meresmikan rusunawa mahasiswa Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Sumedang, Sabtu (1/2/2020).
Rusunawa mahasiswa setinggi empat lantai yang mencakup 50 unit tipe 24 ini dibangun oleh Satuan Kerja Pengembangan Perumahan Direktorat Rumah Susun Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR.

Nilai konstruksinya sekitar Rp 15,7 miliar dengan kapasitas maksimal sebanyak 196 mahasiswa.

Sebagai kontraktor pelaksananya adalah PT Wijaya Karya Bangunan Gedung (Persero) Tbk dan Konsultan Supervisi PT Delta Decon.

Untuk mendukung mahasiswa tinggal dan belajar dengan nyaman di rusunawa, Kementerian PUPR juga telah melengkapi setiap unit kamar dengan meubelair seperti tempat tidur, meja belajar dan lemari pakaian.

Dirjen Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid menuturkan, rusunawa mahasiswa Unpad merupakan bagian dari 26 menara rusunawa yang dikhususkan untuk mahasiswa di sleuruh perguruan tinggi di Indonesia.

Sebanyak 20 persen dari total unit hunian dalam satu menara disiapkan untuk mahasiswa tahun pertama dalam menghadapi masa transisi proses belajar di perguruan tinggi.

"Kami mengalokasikan sekitar Rp 400 miliar untuk membangun seluruh 26 menara rusunawa mahasiswa. Jadi setiap unit sekitar Rp 15 miliar," tuntas Khalawi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X