Kompas.com - 31/01/2020, 19:22 WIB
Ilustrasi tarif tol dalam kota KOMPAS.com/StanlyIlustrasi tarif tol dalam kota

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberlakuan tarif baru enam ruas tol mulai dilakukan secara bersamaan pada Jumat (31/1/2020) mulai pukul 00.00 WIB.

Ruas tersebut antara lain Tol Bali Mandara serta Tol Cawang-Tomang-Pluit, serta Tol Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu Tol Gempol-Pandaan, Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) ruas Pondok Aren-Serpong, dan Tol Ujung Pandang.

Akan tetapi, banyak pengguna kendaraan yang menganggap, sosialisasi mengenai penyesuaian tarif tol tersebut kurang dan bahkan terkesan mendadak.

Baca juga: Jumat Besok, Tarif Baru 6 Ruas Tol Mulai Berlaku

Menanggapi hal ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kemudian menghubungi Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit untuk memastikan kabar tersebut. 

"Saya ditanya teman-teman wartawan, sosialisasi kenaikan tarif itu enggak dua minggu? Harus dua minggu dong, oke diundur dua minggu ya," kata Basuki saat menelpon Danang. 

Basuki kemudian memerintahkan Danang untuk menunda penyesuaian tarif tol. Tetapi karena ternyata penyesuaian tarif telah resmi diberlakukan, maka dia meminta pihak Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk melakukan evaluasi. 

"Karena sudah berlaku kan (tarif) biar mereka mikir dulu," kata Basuki.

Dia melanjutkan, sosialisasi kepada masyarakat harus dilakukan selama dua minggu setelah penandatanganan Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR.

"Kalau aturannya begitu, ada SK Menteri PUPR itu ada sosialisasi dua minggu sebelum tarifnya diterapkan. Bagaimana sosialisasinya? Melalui media-media yang ada sekarang," ucap Basuki.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.