Pengembang Indonesia Siap Bangun Apartemen Perdana di Melbourne

Kompas.com - 27/01/2020, 20:16 WIB
Southbank Apartment, Melbourne, Australia. Crown GroupSouthbank Apartment, Melbourne, Australia.

JAKARTA, KOMPAS.com -  Crown Group, pengembang yang dirintis duet Indonesia Iwan Sunito dan Paul Sathio, tengah bersiap meluncurkan proyek perdana di Melbourne, Australia, pertengahan 2020.

Proyek residensial yang berlokasi di 175 Sturt Street, Southbank dan bertemakan seni ini telah menerima persetujuan perencanaan awal dari City of Melbourne pada Januari 2019.

Ditunjuk sebagai perancangnya adalah Koichi Takada Architects yang terkenal dengan karya-karyanya yang ikonik.

Kawasan Southbank sendiri masuk dalam rencana revitalisasi pemerintah negara bagian Victoria dengan anggaran senilai Rp 2 triliun.

Baca juga: Iwan dan Paul, Duet Indonesia Penakluk Pasar Australia

Dalam mengembangkan proyek residensial vertikal ini Crown Group menggandeng pengembang lokal Melbourne, G3 Projects.

Southbank ApartmentCrown Group Southbank Apartment
Komisaris Crown Group Iwan Sunito mengatakan, proyek apartemen ini mencakup dua menara hunian, masing-masing terdiri dari 16 dan 14 lantai dengan kapasitas 152 unit.

"Pasar Melbourne terlihat positif untuk jangka panjang. Kami memilih situs ini karena daya tariknya dan dilirik pembeli internasional," kata Iwan dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (27/1/2020).

Arsitek Koichi Takada mengatakan, desain apartemen ini terinspirasi oleh gambar seni yang menghadirkan dua menara putih melengkung yang mencolok, mewakili awan yang bergerak dan berubah sepanjang waktu, seperti penari.

Di kawasan Southbank ini juga akan berdiri NGV Contemporary, ikon seni baru untuk Melbourne dan galeri seni dengan desain kontemporer terbesar di Australia di 77 Southbank Boulevard.

Galeri seni ini akan menjadi tuan rumah bagi Australian Performing Arts Gallery 

"Proses konstruksi akan dimulai pada tahun 2021, yang memberi kami kepercayaan diri untuk dapat menghadirkan proyek hunian ini pada waktu terbaik dalam siklus pasar dan memungkinkan investor untuk meraih potensi peningkatan investasi," tuntas Iwan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X