Jangan Salah Langkah, Ini Tips Membeli Rumah Pertama

Kompas.com - 26/01/2020, 14:11 WIB
Pasar rumah tapak diprediksi akan menjadi primadona. ShutterstockPasar rumah tapak diprediksi akan menjadi primadona.

KOMPAS.com - Banyak orang ingin segera membeli rumah. Alasannya tentu saja beragam, mulai dari harga properti yang cenderung naik setiap waktu, investasi, hingga keinginan untuk memiliki hunian sendiri.

Namun sayangnya, sebagian orang justru tergesa-gesa dan lupa mempertimbangkan beberapa faktor yang seharusnya diperhatikan saat membeli rumah.

Terutama mereka yang baru pertama kali membeli hunian.

Baca juga: Tips Cepat Bersihkan Rumah Setelah Banjir

Berbeda dengan jenis properti lainnya, rumah memiliki beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan, seperti dilansir dari CNBC, antara lain:

1. Kemampuan keuangan

Sebelum menentukan untuk membeli rumah, ada baiknya memppertimbangkan kemampuan finansial Anda.

Selain itu jangan lupa memilih rumah yang sesuai dengan kondisi keuangan, seperti lokasi, tipe rumah, dan lain-lain.

"Berapa banyak penghasilan Anda, berapa banyak Anda menabung, atau, jika Anda tidak menabung, berapa banyak yang sebenarnya Anda belanjakan setiap bulan," kata perencana keuangan Personal Capital Michelle Brownstein.

Menurutnya, jika Anda tidak tahu ke mana uang Anda pergi setiap bulannya, maka pertimbangkan kembali keputusan untuk membeli rumah.

2. Pertimbangkan kemampuan

Jika Anda membeli rumah secara kredit, janga sampai cicilannya membebani pengeluaran bulanan. Idealnya, cicilan rumah tidak melebihi 28 persen dari pendapatan kotor Anda.

Selain itu perlu diingat, saat menghitung kemampuan Anda, jangan memasukkan bonus akhir tahun atau bonus target karena kedua hal tersebut bukan pemasukan pasti.

Halaman:


Sumber CNBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X