Tips Cepat Bersihkan Rumah Setelah Banjir

Kompas.com - 30/12/2019, 11:41 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Musim hujan telah tiba. Intensitas curah hujan yang tinggi membuat beberapa permukiman tergenang air.

Memang hal ini menimbulkan sejumlah kerusakan, terutama pada hunian.

Jika rumah Anda terdampak banjir, maka segera setelah aliran air surut, lakukan pembenahan dan pembersihan pada tempat tinggal Anda.

Tetapi jika Anda bingung akan apa yang harus dilakukan, beberapa langkah di bawah ini dapat membantu seperti dilansir dari laman Good Housekeeping:

1. Periksa lingkungan sekitar rumah

Setelah banjir surut, jangan langsung bergegas kembali ke rumah. Periksalah lingkungan rumah dengan seksama, dan pastikan tidak ada kabel listrik yang longgar atau jatuh.

Baca juga: Hujan Deras Guyur Depok, 5 Perumahan Terendam Banjir

Selain itu, jangan lupa untuk memastikan listrik di rumah Anda dalam keadaan padam. Jika Anda membutuhkan penerangan, gunakan senter dan jangan menyalakan lilin karena berpotensi membakar barang di dalam rumah.

Air banjir juga dapat merusak struktur rumah serta barang-barang pribadi. Untuk itu, periksa kembali apakah ada saluran gas yang rusak atau retak pada fondasi.

Perbaiki masalah tersebut sebelum memutuskan untuk membersihkan rumah.

Selain aliran listrik, benda-benda elektronik juga peelu diperhatikan. Jika Anda memiliki banyak barang elektronik di dalan rumah, pastikan tidak ada kerusakan atau kabel yang terkelupas.

2. Evaluasi barang yang masih bisa digunakan

Petakan rumah Anda. Setelah itu, pilih barang-barang yang masih busa digunakan.

Banjir tak hanya membawa genangan air tetapi juga limbah dan kotoran. Untuk itu, jangan repot-repot untuk menyimpan benda yang telah terkontaminasi oleh limbah mentah, minyak atau limbah lainnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X