Basuki Targetkan Kampus UIII Rampung Akhir 2020

Kompas.com - 24/01/2020, 21:30 WIB
(Kiri-Kanan): Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agama Fachrul Rozi, dan Mantan Presiden Jusuf Kalla saat meninjau progres pembangunan Kampus UIII, Depok, Jawa Barat, Jumat, (24/1/2020). Kompas.com/Suhaiela(Kiri-Kanan): Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agama Fachrul Rozi, dan Mantan Presiden Jusuf Kalla saat meninjau progres pembangunan Kampus UIII, Depok, Jawa Barat, Jumat, (24/1/2020).

DEPOK, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) rampung pada akhir 2020 mendatang.

"Semuanya (pembangunan UIII) akan selesai pada Desember 2020," ucap Basuki saat meninjau progres pembangunan UIII bersama dengan Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) serta Menteri Agama Fachrul Razi di Cimanggis, Depok, Jumat (24/1/2020).

Sementara itu, Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap, kampus ini dapat menjadi rumah bagi mahasiswa dalam dan luar negeri.

"Nantinya, kampus ini dibangun dengan konsep modern karena 50 persen mahasiswanya dari asing, dan 50 persen lagi dari kami (Indonesia)," kata JK.

Baca juga: Wapres Desak Depok dan Jabar Percepat Pembebasan Lahan UIII

JK juga berharap Kampus UIII menjadi kawasan hijau yang dapat menampung air, dilengkapi ruang terbuka hijau, dengan pengelolaan profesional dan modern.

"Insyaallah ini akan menjadi suatu kampus yang indah, hijau, dan terdapat beberapa danau untuk menampung air," ucap JK.

Kampus UIII merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016.

Peletakkan batu pertama dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 5 Juni 2018 lalu.

Mengacu data Kementerian PUPR, pembangunan Kampus UIII dilaksanakan dalam 2 tahap dengan biaya Rp 1,2 triliun.

Tahap I dikerjakan oleh Kementerian Agama RI dengan biaya Rp 714 miliar yang terdiri atas 3 paket pekerjaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X