Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Dianugerahi Gelar Doktor Kehormatan

Kompas.com - 16/01/2020, 16:44 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dianugerahi gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dari ITB Dok. Kementerian PUPRMenteri PUPR Basuki Hadimuljono dianugerahi gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dari ITB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dianugerahi gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) oleh Institut Teknologi Bandung (ITB).

Penganugerahaan dilakukan dalam sidang terbuka yang digelar di Aula Barat Kampus ITB, Jalan Ganesha, Kamis (16/1/2020).

Dalam Laporan pertanggungjawaban akademik yang dibacakan oleh Ketua Tim Promotor Prof. Ir. Indratmo Soekarno, MSc, Ph.D, pemberian gelar tersebut merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan kepada Basuki.

Dia dinilai telah terbukti memberikan sumbangan nyata, menonjol, dengan dampak luar biasa dalam memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) bagi perkembangan kebudayaan bangsa dan kemanusiaan.

Baca juga: Marak Rumah Syariah Bodong, Basuki Dorong Pengembang Daftar Sireng

“Dengan pemberian gelar Doktor Kehormatan ini, ITB berharap dapat mendorong masyarakat dan bangsa Indonesia untuk berprestasi dan memberikan sumbangan bagi pengembangan iptek, seni atau kemanusiaan,” ujar Indratmo dalam keteranga tertulis yang diterima Kompas.com

Menurutnya, Basuki memiliki peranan penting dalam bidang infrastruktur sumber daya air serta infrastruktur tahan gempa.

Selain itu, Basuki juga dianggap berhasil menyelesaikan berbagai pembangunan infrastruktur yang sangat kompleks.

Kemudian dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan tinggi, Basuki juga membangun berbagai infrastruktur di perguruan tinggi di Indonesia, termasuk beberapa infrastruktur yang telah dibangun di kampus ITB Jatinangor.

Sebelumnya Basuki telah menerima beberapa tanda penghargaan dan pengakuan, termasuk dari ITB yaitu Ganesha Praja Manggala Bakti Adiutama ITB tahun 2017.

Rektor ITB Kadarsah Suryadi mengatakan, penganugerahan ini juga dilaksanakan bertepatan dengan 100 tahun ITB sebagai institusi Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X