Sumut Dapat Rp 40 Miliar dari Kementerian PUPR Tangani Banjir Labura

Kompas.com - 09/01/2020, 13:13 WIB
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meninjau lokasi banjir bandang di Desa Pematang dan Desa Hatapang, Rabu (8/1/2020). Dok: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi SumutGubernur Sumut Edy Rahmayadi meninjau lokasi banjir bandang di Desa Pematang dan Desa Hatapang, Rabu (8/1/2020).

MEDAN, KOMPAS.com – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengungkapkan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan dana bantuan untuk menangani banjir bandang di Desa Pematang dan Desa Hatapang, Kecamatan NA IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara ( Labura).

"Kita mendapat bantuan dari Kementerian PUPR senilai Rp 40 miliar,” sebut Eddy usai meninjau lokasi banjir bandang dengan menggunakan helikopter pada Rabu (8/1/2020).

Menurut Eddy, bantuan tersebut untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak akibat terkangan banjir bandang.

Dalam kunjungan kerjanya, Eddy disambut Bupati Labura Khairuddin Syah dan Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi. 

Rombongan kemudian mendatangi Dusun Siria-ria di Desa Pematang. Kehadiran Edy disambut antusias warga terdampak, mereka lalu berkeluh kesah.

Baca juga: Soal Ganti Rugi Lahan Eks HGU di Sumut, Ahli: Ini Pungutan Liar

Permintaan tersebut adalah, menata kembali infrastruktur jalan yang rusak, perkebunan sawit dan karet serta sawah milik warga, dan merelokasi rumah-rumah yang hancur diterjang banjir bandang.

Edy meminta tabah dan sabar, pemulihan pasca-banjir segera dilakukan. Dia mengingatkan agar menjadi pelajaran bersama untuk tidak membangun rumah di Daerah Aliran Sungai (DAS).

Dia berjanji akan memenuhi permintaan warga dengan merelokasi rumah-rumah di DAS, mengganti tanaman yang rusak bibit baru, serta memasang bronjong di kawasan longsor.

"Sungai harus dijaga kelestariannya, tidak membuang sampah atau menebang pohon di sekitar sungai. Pohon itu mampu mengendalikan banjir,” kata Edy seperti Kompas.com kutip dari rilis Humas Kantor Gubernur, Rabu (8/1/2020).

Ada sekitar 27 kepala keluarga (KK) yang akan direlokasi ke tempat aman. Bupati siapkan lahan dan kita bangun rumah.

Bupati Labura Khairuddin Syah menjawab, pihaknya akan berupaya proses pemulihan berlangsung cepat dan situasi normal kembali.

Dia menyebut, banjir bandang melanda Desa Pematang dan Desa Hatapang pada Minggu (29/12/2019) dini hari.

Sebanyak 36 unit rumah hanyut, sejumlah jembatan dan lahan persawahan rusak dihantam gelondongan kayu dan batu. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X