Kiat Praktis Hilangkan Jamur dari Rumah Pasca-banjir

Kompas.com - 04/01/2020, 12:47 WIB
Budiman (38) tengah membersihkan lumpur yang melekat di lantai rumahnya pasca banjir di Desa Buluh Cina, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Kamis (2/1/2020). KOMPAS.COM/IDONBudiman (38) tengah membersihkan lumpur yang melekat di lantai rumahnya pasca banjir di Desa Buluh Cina, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Kamis (2/1/2020).

KOMPAS.com - Banjir yang merendam rumah menyisakan banyak masalah. Selain sampah dan lumpur yang tertinggal, ancaman jamur juga mengintai.

Jamur dapat menyebabkan beberapa masalah, khususnya bagi mereka yang rentan, seperti nyeri sendi, mual kronis, hingga sakit pernapasan.

Untuk itulah, setelah rumah aman dari rendaman air, segera bersihkan area tersebut dari jamur.

Anda juga perlu membuka seluruh pintu, jendela, serta bagian lain rumah agar kelembaban di dalamnya segera menghilang.

Baca juga: Tips Cepat Bersihkan Rumah Setelah Banjir

Ini karena jamur dapat tumbuh dengan cepat. Butuh waktu 24 jam hingga 48 jam untuk tumbuh dan menyebar di lingkungan yang basah dan hangat atau lembab.

Bagaimana membersihkan rumah dari jamur setelah terendam air?

Melansir laman CDC, berikut cara praktisnya:

Sebelum membersihkan rumah, dokumentasikan beberapa lokasi. Langkah ini bisa dilakukan jika nantinya Anda berencana untuk melakukan klaim asuransi.

Setelah itu, pastikan seluruh tubuh terlindung. Anda bisa menggunaka perlengkapan minimal saat pembersihan seperti masker, kacamata, dan sarung tangan.

Biasanya, banyak orang yang menggunakan produk pemutih untuk membersihkan tempat tinggalnya dari noda. Namun, jika menggunakan cara ini, Anda perlu berhati-hati dan ingat empat hal ini.

1. Jangan pernah mencampurkan bahan pemutih dengan amonia atau produk pembersih lainnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X