Kurangi Debit Banjir Jakarta, Dua Bendungan Rampung Akhir 2020

Kompas.com - 03/01/2020, 22:47 WIB
Pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi ditargetkan rampung pada akhir 2020. 
Dok. Kementerian PUPRPembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi ditargetkan rampung pada akhir 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi rampung pada akhir 2020.

Kedua bendungan ini berlokasi di Hulu Sungai Ciliwung, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Adapun kosntruksi bendungan merupakan bagian dari rencana induk pengendalian banjir di Jakarta.

Baca juga: Bendungan Sindangheula Disiapkan sebagai Pendukung Wisata Air Banten

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (3/1/2020), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan progres pembangunan sudah mencapai 45 persen.

"Dan akan diselesaikan akhir tahun ini atau Desember 2020," kata Basuki.

Menurutnya, progres konstruksi berjalan lebih cepat dari rencana sebesar 38,9 persen. Saat ini, pembangunannya meliputi pekerjaan bendungan utama yakni galian tubuh bendungan, grouting tubuh bendungan, dan timbunan main cofferdam.

Pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi ditargetkan rampung pada akhir 2020. 
Dok. Kementerian PUPR Pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi ditargetkan rampung pada akhir 2020.
Kemudian konstruksi bangunan pelimpah yang masih dalam proses pembebasan lahan, clearing dan grubbing, dan penggalian tebing spillway. Selain itu, masih ada pengerjaan hidromekanikal yang dalam proses pengadaan maintenance gate.

Ada pula pembangunan fasilitas umum, clearing area lahan, dan bottom outlet yang sudah dalam tahap galian bottom outlet, pengecoran, pengalihan anak sungai, serta pekerjaan jalan OP.

Baca juga: Dirjen SDA Resmikan Impounding Bendungan Sindangheula

Sebagai informasi pembangunannya Bendungan Ciawi dimulai pada tahun 2 Desember 2016, dan pada awalnya dijadwalkan selesai awal 2021 yang kini berganti menjadi akhir tahun.

Bendungan Ciawi sendiri rencananya dibangun agar dapat menampung volume 6,05 juta meter kubik dengan luas genangan sekitar 39,4 hektar.

Pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi ditargetkan rampung pada akhir 2020. 
Dok. Kementerian PUPR Pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi ditargetkan rampung pada akhir 2020.
Biaya konstruksinya mencapai Rp 798,7 miliar. Sementara kontrak pengerjaannya ditandatangani pada 23 November 2016 dengan kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya dan PT. Sacna.

Fasilitas ini didesain agar mampu mengurangi debit banjir yang masuk ke Jakarta dengan menahan aliran air dari Gunung Gede dan Gunung Pangrango sebelum sampai ke Bendung Katulampa yang kemudian mengalir ke Sungai Ciliwung. 

Kelak jika selesai, bendungan dapat mereduksi banjir sebesar 111,75 meter kubik per detik.

Kemudian Bendungan Sukamahi dirancang mampu menampung volume air sebesar 1,68 juta meter kubik dengan luas area genangan mencapai 5,23 hektar. Hingga saat ini progresnya mencapai 40 persen.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X