Bendungan Sindangheula Disiapkan sebagai Pendukung Wisata Air Banten

Kompas.com - 25/11/2019, 16:51 WIB
Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Hari Suprayogi beserta meresmikan Bendungan Sindangheula, Serang, Banten, Senin (25/11/2019).

Suhaiela/Kompas.comDirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Hari Suprayogi beserta meresmikan Bendungan Sindangheula, Serang, Banten, Senin (25/11/2019).

SERANG, KOMPAS. com - Kepala SNVT Pembangunan Bendungan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cidanau Ciujung Cidurian Suherlan memastikan Bendungan Sindangheula  akan disiapkan sebagai pendukung sektor pariwisata masa depan.

“Kita akan lakukan kajian mana daerah yang cocok, yang bersinergi dengan Pemerintah Provinsi," kata Suherlan di sela-sela Peresmian “Impounding” Bendungan Sindangheula, Kabupaten Serang, Banten, Senin, (25/11/2019).

Saat ini, pihaknya sedang menyiapkan konsep wisata Sindangheula dan dijadwalkan beroperasi 2020 mendatang.

Meski begitu, dia melihat, Bendungan Sindangheula cocok dijadikan sebagai destinasi wisata air.

Baca juga: Dirjen SDA Meresmikan Impounding Bendungan Sindangheula

“Konsep wisata belum terkaji tapi kemungkinan wisata air, spot-spot untuk umum," ungkap Suherlan.

Saat ini, BBWS Cidanau Ciujung Cidurian terus menjalin komunikasi dan koordinasi secara intensif dengan Pemerintah Provinsi Banten untuk menjadikan lahan Bendungan Sindangheula tersebut dikeola oleh Pemerintah Kabupaten Serang.

Termasuk menjaga dan merawat Bendungan Sindangheula agar manfaat dan fungsinya tak mengalami reduksi di kemudian hari.

Pemeliharaan ini pula yang ditekankan Dirjen SDA Kementerian PUPR Hari Suprayogi bahwa pemanfaatan area sebagai destinasi pariwisata, tak boleh mengganggu tubuh bendungan.

“Makanya saya pesan, untuk wisata dan perikanan itu ya di daerah hulu, jangan dekat-dekat dengan tubuh bendungan. Karena perlu kita jaga keamanannya,” terang Hari.

Untuk diketahui, pembangunan Bendungan Sindangheula sempat terganjal pembebasan lahan wakaf yang masih dimiliki warga setempat. Namun, masalah tersebut dapat diatasi.

Jika sudah beroperasi, Bendungan Sindangheula mampu memenuhi kebutuhan layanan air di Kabupaten Serang dan Kabupaten Cilegon sebanyak 800 liter per detik.

Selain itu, bendungan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan daerah irigasi Cibanten serta dapat mereduksi banjir sebesar 50 meter kubik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X